PENGEMBANGAN RPP DAN LKPD BERBASIS PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBANTUAN SOFTWARE MATH SOLVER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X SMA
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1693Keywords:
Pemecahan masalah, soal cerita, SPLTVAbstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk berupa RPP dan LKS berbasis penemuan terbimbing dengan bantuan software Math Solver untuk siswa kelas X SMA Swasta Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi yang valid dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Subjek dari penelitian ini adalah kelas X IPA-1 SMA Swasta Katolik Cinta Kasih Tebing Tinggi. Instrumen penelitian terdiri dari: lembar validasi LKS, RPP, angket respon siswa, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas dan analisis efektivitas. Berdasarkan analisis hasil penelitian dihasilkan (1) RPP dan LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software Math Solver sangat valid dari segi kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan bahasa dan kelayakan kegrafikan. (2) RPP dan LKS berbasis pendekatan penemuan terbimbing berbantuan software Math Solver efektif dari segi ketuntasan klasikal dan angket respon positif siswaReferences
A. S. Nur and M. Palobo, “Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender,” vol. 9, no. 2, pp. 139–148, 2018.
D. Guna and M. Tugas, “PENGEMBANGAN LAS (Lembar Aktivitas Siswa) MATEMATIKA BERBASIS CTL,” 2018.
D. M. Matematis, “kemampuan pemecahan masalah matematis,” pp. 553–558, 2009.
E. W. Purwanto, R. Richardo, U. P. Pengaraian, U. P. Pengaraian, and U. P. Pengaraian, “langkah-langkah polya untuk kelasiVII smp materi,” pp. 2–7, 2006.
E. G. Saragih and L. Kerja, “Penemuan Pada Materi Pola Bilangan,” vol. 25, pp. 30–40, 2019.
EGI ABDUKTIF-DEDUKTIF DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA UTARA,” vol. 3, no. 1, pp. 25–34, 2017.
F. Betyka, A. Putra, and S. Erita, “Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Segitiga,” vol. 2, no. 2, pp. 179–189, 2019.
F. Nurmita, T. F. Hatma, D. Selviani, and U. D. Bengkulu, “penemuan Terbimbing menggunakan software,” vol. 2, no. 1, 2019.
H. Zulfitri and N. Aisyah, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs pada
Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel,” no. 1, pp. 7–13, 2019.
H. P. Lestari, P. P. Matematika, and U. N. Yogyakarta, “Pengembangan lembar kegiatan siswa berbantuan,” pp. 20–31.
L. S. Zanthy, “Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan pendekatan problem based learning,” vol. 01, no. 02, pp. 198–206.
L. Asri and N. Fitriyana, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP,” vol. 10, no. 1, pp. 18–26, 2019.
N. Putu, R. Dewi, and I. M. Ardana, “Efektivitas Model ICARE Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” vol. 3, no. 1, pp. 109–122, 2019.
P. D. A. N. Limas, “Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama pada Materi,” 2014.
P. Matematika and U. Kanjuruhan, “Bercirikan Penemuan Terbimbing Pada Materi,” vol. 1, no. 1, pp. 703–712, 2018.
P. Fip and U. Negeri, “Masalah Materi Bangun Datar,” pp. 249–259, 2003.
R. Revita, “Validitas Perangkat Penemuan Terbimbing Pembelajaran Matematika Berbasis,” vol. 3, no. 1, pp. 15–26, 2017.
S. N. Pendidikan et al., “Persamaan linear Tiga Variabel Dengan Pendekatan
Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas x Sma N 11 Semarang,” pp. 510–516, 2016.
S. M. P. Negeri and B. Tengah, “Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X,” vol. 3, no. 2, 2019. No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581 253X,” vol. 3, no. 2, 2019.
S. M. A. A. D. P. Adang, “p engembangan l embar k egiatan s Iswa b erbasis penemuan terbimbing pada materi peluang untuk siswa kelas xi ipa,”
vol. 6, pp. 299–304.
R. Revita, “Validitas Perangkat Penemuan Terbimbing Pembelajaran Matematika Berbasis,” vol. 3, no. 1, pp. 15–26, 2017.
S. M. P. Negeri and B. Tengah, “Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 eISSN 2581-253X,” vol. 3, no. 2, 2019.
S. Ariani, Y. Hartono, and C. Hiltrimartin, “kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran matematika menggunakan strat
T. Dengan, G. Pada, M. Pokok, G. Kelas, And A. H. Rosyidi, “Mathe Dunesa,” Vol. 1, No. 7, Pp. 21–30, 2018.T. H. E. Development Et Al., “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Xii Ipa Sma The Development Of
Student Worksheet Based Of Guided Discovery To Increase StudentLearning Exhaustiveness In,” Vol. 2, No. 1, Pp. 27–30, 2013.
S. N. Pendidikan Et Al., “Persamaan Linear Tiga Variabel Dengan Pendekatan Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Sma N 11 Semarang,” Pp. 510 516, 2016. S. M. P. Negeri And B. Tengah, “Jurnal Penelitian
Pembelajaran Matematika Sekolah (Jp2ms), Vol. 3, No. 2, Agustus 2019 sn 2581-253x,” Vol. 3, No. 2, 2019.
T. Untuk, M. Kemampuan, and P. Masalah, “2015, (92 - 106),” vol. 2, pp. 92–106, 2015.
U. P. Pengaraian, U. P. Pengaraian, and U. P. Pengaraian,“Pengembangan lks matematika berbasis penemuan terbimbing siswa kelas vii smp materi bangun datar segi empat 1),” pp. 1–8, 2011.
Y. Rahmawati And S. Subanti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing ( Guided Discovery ) Dengan Pendekatan Somatic , Auditory , Visual , Intellectual ( Savi ) Pada Materi Pokok Peluang Kelas Ix Smp,” Vol. 2, No. 4, Pp. 379–388, 2014. S. M. A. A. D. P. Adang, “P Engembangan L Embar K Egiatan S Iswa Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Peluang Untuk Siswa Kelas Xi Ipa,” Vol. 6, Pp. 299–304. R. Revita, “Validitas Perangkat Penemuan Terbimbing Pembelajaran Matematika Berbasis,” Vol. 3, No. 1, Pp. 15–26, 2017. S. Ariani, Y. Hartono, And C. Hiltrimartin,“Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strat.