PENERAPAN APLIKASI MATH SOLVER PADA PEMEBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI SMA ST.PETRUS MEDA

Authors

  • Marsaulina Br Silaen Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1698

Keywords:

Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran  konvesional. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Santo Petrus Medan, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 34 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 orang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data kuantitatif  diperoleh dari tes kemampuan berpikir kritissiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) sebesar 83,8235, sementara nilai rata-rata yang mengikuti pembelajaran konvesional hanya sebesar 75,55147, sehingga diperoleh selisih nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 8,272. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai  dan  dengan dk = 66 dan taraf signifikasi  sehingga terlihat bahwa  yaitu 1,8609> 1,668. Hal ini berarti bahwa kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mnegikuti pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvesional. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and  Learning (CTL) berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kirtis matematis siswa

Author Biography

Marsaulina Br Silaen, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

A. Firdaus and L. C. Nisa, “Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Berpikir,” vol. 10, no. 1, pp. 68–77, 2019.

A. T. Kesukaran, D. Pembeda, D. A. N. Fungsi, A. F. Asri, and A. Burhan, “DISTRAKTOR SOAL UJIAN SEMESTER GANJIL MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 1 INDRALAYA UTARA,” pp. 98–115, 2013.

D. Korelasi, “Kolerasi,” pp. 1–3.

D. I. S. Solok, “Kontribusi Motivasi dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Padsa Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Audio Video di SMKN 2 Solok,” vol. 4, no. 2, 2016.

F. Yusup, P. Studi, T. Biologi, U. Islam, and N. Antasari, “UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS,” vol. 7, no. 1, pp. 17–23, 2018.

Hermawan Budi Santoso, Subagyo, “Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI di SMK Insan Cendika Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016,” vol. 5, no. 1, pp. 40–45, 2017.

I. Mathematics and S. Study, “KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JUCAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA,” vol. 3, no. April, 2015.

J. E. Tropika and K. B. Kritis, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE, TEHCNOLOGI, SOCIETY, ENVIRONMENT (STSE) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI MAS JEUMALA ‘AMAL,” vol. 5, no. April, pp. 38–43, 2017.

J. Sap and V. No, “KORELASI PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA DALAM BAHASA INGGRIS,” vol. 1, no. 3, pp. 302–311, 2017.

J. P. M. Iain and A. Vol, “PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN DAN TANPA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DALAM MEMAHAMI KONSEP SEGITIGA DI KELAS VII MTS SITI MARIAM BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014,” vol. 03, no. 1, pp. 63–80, 2015.

K. Viii and S. M. P. Negeri, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Kabawo,” vol. 6, no. 2, pp. 71–84, 2018.

K. Menulis, P. Di, and K. Tinggi, “PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK (BUKU TEMPEL) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS TINGGI,” pp. 53–66, 2019.

K. B. Kritis and K. K. Matematis, “PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR,” no. 1, pp. 76–89, 2011.

L. Vol, D. Tetap, F. Tarbiyah, I. Keguruan, and I. Padangsidimpuan, “MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING),” vol. II, no. 01, pp. 1–12, 2014.

L. B. Penelitian, “Disiplin Kerja dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (Wa Ode Zusnita Muizu, Siti Noni Evita & Dindin Suherman),” vol. 8, no. 3, pp. 172–182, 2016.

M. Program, S. Pendidikan, E. S.- Pgri, D. Program, S. Pendidikan, and E. S.- Pgri, “PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMANDIRIAN DALAMMENGERJAKAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA EKONOMI KELAS XI DI SMA SEMEN PADANG,” vol. 3, no. 1, 1900,2014.

M. Siswa, K. V Mi, and S. L. Bumiayu, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN TEORI VAN HIELE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MI SE-DESA LANGKAP BUMIAYU,” vol. 4, no. 2, 2018.

P. V. Kelompok, “Pengukuran Variasi Kelompok.”

Panjaitan, M.A dan Hasibuan, E.A. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA. Vol 3, No 2.

Paftriani, Nur. 2015. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Pada Siswa kelas IV A SD N Margoyasan. FKIP Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

P. Studi, P. Matematika, F. Teknik, and P. P. Kontekstual, “ANALISIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN CTL ( CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ) DI SMPN 2 TELUK JAMBE TIMUR , KARAWANG,” vol. 7, no. 2, pp. 144–152, 2017.

P. Matematika, “Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matemtika,” vol. 2, no. 1, pp. 58–67, 2016.

R. Nuryanti, S. Si, and M. Pd, “Kefektifan Model Contextual Teaching and Learning Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika SD 1 Kadipiro Ngestiharjo Kasihan Bantul,” 2016.

Ratika Zahra, Nofha Rina, “PENGARUH CELEBRITY ENDORSER HAMIDAH RACHMAYANTI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE SHOP MAYOUTFIT DI KOTA BANDUNG,” vol. 6, no. 1, pp. 43–57, 2018.

S. Kelas, X. M. I. A. Di, S. M. A. Negeri, K. Jambi, D. A. N. Sma, and N. Kota, “HUBUNGAN PERSEPSI DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X MIA DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI DAN SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI,” vol. 01, no. 02, pp. 55–63, 2016.

Sapitri, N. M. 2017. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Mneingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self Confidence Siswa. IKIP Bandar Lampung : Bandar Lampung.

T. Organizational and C. Behavior, “PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) (Studi Kasus RSU UKI),” vol. 9220, no. 1, pp. 40–53.

U. Sugandi, D. Hernawan, and I. A. Ratnamulyani, “Hubungan pengawasan dengan efektivitas kerja pegawai effectiveness of working relationship with the supervision of employees,” vol. 1, no. April, pp. 35–43, 2015.

Wa Ode Sariasi Supriadi, Utu Rahim, Zamsir, “KUALITAS TES SUMATIF MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 20 KENDARI TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017,” vol. 6, no. 3, 2018.

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Silaen, M. B. . (2022). PENERAPAN APLIKASI MATH SOLVER PADA PEMEBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS XI SMA ST.PETRUS MEDA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 25–36. https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1698

Issue

Section

Artikel