PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMA MELALUI STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, TRANSFERRING) DI SMA SW PARSAORAN
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1700Keywords:
Kemampuan Pemecahan, Masalah Matematik SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menggunakan Strategi REACT di SMA SW PARSAORAN tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest- Posttest Control Grup Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa untuk kelompok eksperimen dan 20 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasi. Berdasarkan perhitungan uji korelasi hipotesis (rxy) ditolak dan diterima karena yaitu ( > 1,686) artinya kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dengan menggunakan strategi REACTReferences
Arikunto, Suharsimi. 2017. Prosedur penelitian. Suatu pendekatan praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dasopang Darwis Muhammad Pane Apriadi. 2017. Belajar dan pembelajaran. No 2. Vol 3.
Effendi Ramlan. Konsep reisi taksonomi bloom dan implementasinya pada pelajaran matematika SMP. No 1. Vol 2. (hlm 72-78)
Hasanah Niswatun, dkk. 2019. Efektivitas model pembelajaran Relating,Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dan reciprocal teaching berbantuan game edukasi. No 14. Vol 1. (hlm 92 101).
Herlina Sari, dkk. 2012. Efektivitas Strategi React Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi MatematisSiswa Sekolah Menengah Pertama. No 1. Vol 17. (hlm 1-7).
Herawati Linda. 2016. Pembelajaran melalui strategi REACT untuk Meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa sekolah menengah kejuruan. No 1. Vol 2. (hlm 35-40).
Fauziah anna. 2010. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SmpMelalui Strategi React. No 1. Vol 30.
Kusumawati Elli. 2014. Pembelajaran Matematika Melalui Strategi React Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk. No 3. Vol 2. (hlm 260-270).
Mawaddah siti. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada PembelajaranMatematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) Di Smp. No 2. Vol 3.(hlm 166-175)
Novri Santri Ulfa. 2018. Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) TerhadapKemampuan Pemahaman Konsep MatematisPeserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangkinang. No 2. Vol 2. (hlm 81-90)
Nengsih wahyu luluk. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent. No 2. Vol 4. (hlm 143-148)
Pane Apriade. 2017. Belajar dan pembelajaran. No 2.vol 3.
Putra Dwi Harry, dkk. 2018.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang. No 6. Vol 2. (hlm 82-90)
Purwosusilo .2014. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik SiswaSMK Melalui Strategi Pembelajaran React (Studi Eksperimen Di SMK Negeri 52 Jakarta). No 2. Vol 1.
Roebyanto, Goenawan, dan Sri Harmini. 2017. Pemecahan masalah matematika. bandung: PT Remaja rosdakarya.
Rianto Iful Anton. 2014. Penerapan Srategi Pembelajaran React Untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa. No 2. Vol 3. (hlm 37-46)
Riyani Rizki, dkk. 2017. Uji valiitas pengembangan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persaqmaan kuadrat siswa kelas VIII SMP. No1. Vol 1.
Sumartini Sri Tina. 2016. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasih masalah. No 2.Vol 5.
Sunendar Aeb. 2017. Pembelajaran Matematika dengan PemecahanMasalah. No 1. Vol 2. (hlm 86-93).
Yusuf Febrianawat. 2018. Uji Validitas Dan ReliabilitasInstrumen Penelitian Kuantitatif. No 1. Vol 2. (hlm 17-23)