PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBANTU GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGH ORDER MATHEMATICAL THINGKING (HOMT) SISWA SMA SWASTA SANTA MARIA KABANJAHE
DOI:
https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i1.1701Keywords:
Lembar Kerja Siswa (LKS), GeoGebra, High Order Mathematical Thingking (HOMT)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi kevaliditan dari pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa, 2) mengidentifikasi keefektifan dari pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan pembelajaran ADDIE dengan tahapan (1) Analisys (Analisis), (2) Design (Perancangan), (3) Develop (Pengembangan), (4) Implement (Implementasi), (5) Evaluation (Evaluasi). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh data hasil validasi ahli dengan rata-rata total penilaian 4,07 berada pada kategori baik sehingga LKS dikatakan valid dan layak digunakan. Kefektifan LKS untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa dengan bantuan GeoGebra dilihat dari beberapa penilaian yang diperoleh melalui tes hasil belajar yang meliputi: (1) Ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar berada pada kategori tuntas; (2) Ketercapaian indikator kompetensi dengan persentase sebesar berada pada kategori tuntas; (3) Hasil observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan nilai rata-rata 3,83 berada pada kategori sangat baik; (4) Waktu pembelajaran yang efektif selama 3 kali pertemuan; (5) Angket respon siswa terhadap LKS dengan rata-rata penilaian sebesar 4,43 berada pada kategori sangat baik dan setiap aspek respon positif. Berdasarkan hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbantu GeoGebra untuk meningkatkan kemampuan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswa SMA Swasta Santa Maria Kabanjahe adalah valid dan efektif yang digunakan dalam menunjang proses pembelajaran matematika serta meningkatkan High Order Mathematical Thingking (HOMT) siswaReferences
R. Purwasih, U. Aripin, A. Y. Fitrianna, P. Studi, and P. Matematika, “Implementasi Pembelajaran Worksheet Berbasis ICT UntukPeningkatan Kemampuan High Order Mathematical Thinking (HOMT) Siswa SMP,” vol. 7, no. 1, pp. 57–65, 2018.[2] Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SekolahDasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Hamdani.(2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Trianto (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif.Surabaya: Kencana.
R. & Rizky, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Poe(Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program LiniearKelas Xii Sma,” vol. 8, no. 1, pp. 96–109, 2014.
Andi Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan AjarInovatif. Yogyakarta: Diva Press
K. Yusran, Subandi, and I. Suhadi, Jurnal Prisma Sains,METAKOGNITIF, PROSES SAINS, DAN Kemamp. Kogn. Mhs. DIVERGEN DAN KONVERGEN DALAM PBL, vol. 1, no. 2, pp. 36–48, 2013.
K. A. Purbaningrum, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi SiswaSmp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau DariGaya Belajar, J. Penelit. dan Pembelajaran Mat., vol. 10, no. 2,pp. 40–49, 2017.
L. Fidiatin Lia. 2018. Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Scientific Berbantu Geogebra Dalam Upaya Meningkatkan KemampuanPemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp N 1 Tg.Morawa Ta 2017/2018.
Haryanto, Pembelajaran Proses Dalam Kritis Isu Sebagai DivergenKonvergen Berpiklr Cara Pengembangan 2006, Maj.Ilm. Pembelajaran No 1, vol. 2, 2006.
F. S. Harsa, Integrasi ict dalam pembelajaran matematika, J.Paedagog., vol. 8, no. January, pp. 158–162, 2016.
N. Supriadi, Y. S. Kusumah, J. Sabandar, and J. D. Afgani,Developing High-Order Mathematical Thinking Competencyon Hi gh School Students ’ Through Geo Gebra-Assisted Blended Learning, Math. Theory Model., vol. 4, no. 6, pp. 5766, 2014.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta. [13] Sumaryanta, Pedoman Penskoran, Indonesia Digital Journal ofMathematics and Education, Volume 2 Nomor 3, 2015, h.189.
M. Tegeh and I. M. Kirna, Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model, J. Ika, vol. 11, no.1, p. 16, 2013.