ANALISIS PEMBELAJARAN DARINGMATEMATIKA MELALUI MEDIAWHATSAPP DAN GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DIKELAS VIII SMP SANTO YOSEPH MEDAN

Authors

  • Monika Manik Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1703

Keywords:

Pembelajaran Daring Matematika, Angket, Wawancara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran daring matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian di tentukan melalui random sampling dengan pemilihan secara acak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C. Subjek yang diambil terdiri dari 32 orang siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran daring matematika menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP Santo Yoseph Medan. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara mengenai pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19. Kesimpulan di peroleh dari hasil analisis berdasarkan 5 indikator indikator proses pembelajaran daring  matematika, sarana pendukung pembelajaran daring, kelebihan pembelajaran daring, kendala pembelajaran daring dan kelemahan pembelajaran daring.Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring menggunakan media WhatsApp dan Google Classroom selama masa pandemic covid-19 di kelas VIII SMP santo yoseph medan   cukup baik

Author Biography

Monika Manik, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Anugrahana, A. (2020, September). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10, 282-289.

Armiati, Y. (2020, November). Analisis Pemanfaatan Media Daring dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa di Kelas XI SMAN 1 Koto Balingka. Jurnal Eksakta Pendidikan, 4, 197-202.

Darmalaksana Wahyudin, dkk. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFHPandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21.Karya Tulis Ilmial (KTI), 1-12.

Dewi, W. A. (2020, April). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2, 55-61

Handayani, S. A & Ariyanti, I (2020, Juni). Kemandirian Belajar Matematika Siswa Smp Disaat Pandemi Covid-19. Konferensi Nasional Pendidikan I, 7-10.

Hutauruk Agusmanto, R. S. (n.d.). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02, 45-51.

Kusumaningrum, B & Wijayanto, Z (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19). Jurnal Matematika KreatifInovatif, 11(2), 136-142

Muthy, N. A & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Media Pembelajaran ELearning Melalui Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Matematika Di Rumah Sebagai Dampak 2019-ncov. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN)6(1), 94-103

Nggema, R.A (2020, September). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Daring Ditengah Pandemi Covid-19 Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Santo Yoseph Denpasar. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, IX, 241-265.

Nurani, I. N, dkk. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal PGSD. 6(1), 50-56

Patimah Siti, dkk (2020). Analisis Aktivitas Pembelajaran Matematika Pada Materi Pecahan Campuran Berbasis Daring (Melalui Aplikasi Whatsapp) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 Sdn Pakujajar Cbm. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 5(2), 98-105

Purbawati C, dkk (2020, Desember). Tingkat Partisipasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11, 103-108.

Rahmawati Indri.2020. Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Evaluasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Mi Ma’arif Kutowinangun Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi.Salatiga:Institut Agama Islam Negeri Salatiga

Rahmawati, R.N, Dkk. (2020, Oktober). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Primary Education, 1 (2), 139-148.

Risnawati.2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Skripsi.Medan: Universitas Katolik Santo Thomas.

Sadikin Ali (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6 (2) ,214-224 .

Sianturi Aprilita.2017. Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis SiswaDi Kelas Viii Smp Negeri 5 Sumbul Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Medan: UniversitaS Katolik Santo Thomas

Sugiono (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r & d.Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, dkk (2012). Pembelajaran Daring Dengan Intervensi Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal e-DuMath, 7(1), 27-34.

Sur Alam, dkk. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Equation, 3(2), 157-171

Tarigan Elsa.2020. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Berbasis Soal Kontekstual Di Kelas Viii Smp.Skripsi.Medan: Universitas Katolik Santo Thomas

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Manik, M. . (2022). ANALISIS PEMBELAJARAN DARINGMATEMATIKA MELALUI MEDIAWHATSAPP DAN GOOGLE CLASSROOM SELAMA PANDEMI COVID-19 DIKELAS VIII SMP SANTO YOSEPH MEDAN. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 74–82. https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1703

Issue

Section

Artikel