ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DI KELAS VIII SMP RK DELI MURNI BANDAR BARU

Authors

  • Anita Siringo ringo Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1706

Keywords:

Analisis, Pemecahan Masalah, LKS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada lembar kerja siswa (LKS) di kelas VIII SMP RK Deli Murni Bandar Baru. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purpose sampling dengan pertimbangan tertentu. Pemilihan subjek ini akan diambil dari hasil dari kemampuan awal siswa. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang terdiri dari  5 orang siswa antaranya 1 siswa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tinggi, 2 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu LKS dan wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan langkah penyelesaian Polya. Hasil penelitian ini adalah Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang paling rendah terletak pada indikator menyelesaikan masalah dan memeriksa kembali, Kemampuan pemecahan masalah matematis untuk memahami masalah dan merencanakan penyelesaian lebih tinggi. Kemampuan siswa pada indikator memamahami masalah sebesar 96 %, pada indikator merencanakan penyelesaian sebesar 76 %, dan pada indikator menyelesaikan masalah sebesar 16 %, pada indikator memerika kembali sebesar 28 %. Dapat disimpulkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang paling rendah pada indikator menyelesaikan masalah.

Author Biography

Anita Siringo ringo, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Berinderjeet,Kaur.(2018).Problem Solving in the Mathematics Classroom (Secondary). No.2 Vol.1

Dede.(2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masaslah Matematis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika.

Fitria ,Saniapon.( 2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Nasional Banau Kota Ternate Pada Materi LIngkaran.No.2 Vol.1

Hamdani.(2011). Analisis penyajian konsep dan pada lembar kerja siswa (LKS) matematika SMK kelas X terbitan cahaya mentari. Surakarta. No.1 Vol.2

Hartati.(2013).Analisis lembar kerja siswa dalam meningkatkan komunikasi matematis tulis siswa.Vol.1 No.2

Islamiah,Nurul.dkk.(2018).Analisis hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self confidence siswa smp. No.1 Vol.1

Komarlyah Siti.(2015). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis masalah untuk kelas VII SMP pada materi lingkaran. No.1 Vol 3

Lasmitasari.(2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Baradatu Kabupaten Way Kanan Tahun Pelajaran 2012/2013, IAIN Raden Intan Lampung,hlm.28.Vol 1

Majid.2014.Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Masalah dengan Heuristik untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis.

Novitasari.(2016).Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal.

Nuangchalem,dkk. (2019). Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahlan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Jurnal

Pratowo.(2012).Pengembangan lembar siswa (LKS) Problem Based Learning PBL) pada materi sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII SMP. No.2 Vol.3

Ratna.2017.Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis

Richard dan Kelly,(2013). Langkah-Langkah Pemecahan Masalah. Vol 2, No.1

Roebayanto,Goenawan,dan Sri Harmini.2017.Pemecahan masalah matematika.Bandung PT Remaja rosdakarya.

Sapitri dkk.(2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. No.2. Vol 5

Sumartini.(2016).Kemampuam pemecahan masalah matematika siswa pada pembelajaran.Vol 2 No.1

Suprapto.(2015).Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Vol. 2, No. 3

Trianto.(2019).Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ipa Berbasis Model Terbimbing. No 1.Vol.2

Trianto.(2021).Respons terhadap LKS berbasis enaktif ikunik, dan simbolik di smp. No 2.Vol 1

Ulvah, S.(2016).Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditajau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan

Yusuf, Muri.(2014). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitia Gabungan”. PT. Fajar Interpratama Mandiri

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Siringo ringo, A. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DI KELAS VIII SMP RK DELI MURNI BANDAR BARU . Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 91–99. https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1706

Issue

Section

Artikel