ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/ 2021

Authors

  • Hayati Manalu Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1707

Keywords:

pemecahan masalah, aritmatika sosial, , langkah-langkah pemecahan masalah Polya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi aritmatika sosial dengan pembelajaran daring di SMP N 41 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII-4 SMP N 41 Medan yang terdiri dari 23 orang yang aktif mengikuti pembelajaran daring melalui WhatsApp. Untuk menentukan subjek, peneliti menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purpose sample). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, dan wawancara. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas VII-4 SMP Negeri 41 Medan terdapat tiga kategori kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yaitu : tinggi, sedang, dan rendah. Siswa yang memiliki kategori pemecahan masalah tinggi yaitu 1 orang dengan besar persentase adalah 7,7%, siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sedang yaitu 2 orang dengan besar persentase 15,4%, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kategori rendah yaitu sebanyak 10 orang atau sebesar 76,9%. kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan kategori tinggi sudah mampu menggunakan syarat untuk setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tepat untuk menyelesaikan semua jenis soal pada setiap butir soal, sedangkan siswa dengan kategori sedang dan rendah belum mampu menggunakan syarat utuk setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan tepat dan bena

Author Biography

Hayati Manalu, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Amalia, Widayanti, 2012. Analisis Butir Soal Tes Kendali Mutu Kelas XII SMA Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1. Diakses pada 10 April 2021.

Andayani. F, Nadiyah. A, Lathifah. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol.3, No.1, Mei 2019. Diakses pada 25 Februari 2021.

Arikunto, S. 2017. Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

Ariani, Suci, dkk. 2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif Deduktif Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen Vol. 3 No. 1, Januari 2017. H. 26 diakses pada 24 juni 2021

Astuti, N. H. Rusilowati, A. Subali, B. Marwoto, P. 2000. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Model Polya Materi Getaran, Gelombang, dan Bunyi Siswa SMP. UPEC Unnes Physic Education Journal 9 (1). 1-8

Fatmala. R. R, Sariningsih. R, Zhanty. S. L.2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 04, Mei 2020.pp 227-236.

Gulo. J. H, 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dengan Metode Newman Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Kelas VII-SMP Tri Sakti 1 Medan. Skripsi:Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Katolik Santo Thomas Medan.

Haryati. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pemecahan Masalah Berdasarkan Prosedur Newman. Skripsi: Jurusan Matematika FMIPAUNNES.

Kartika, R. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Persegi Panjang. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1 (4), 773-778)

Munawwarah, S. 2019. “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Teaching and Learning Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP”, Banda Aceh, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

Moleong, L. J. 2011. Metode Penelitian kualitatif. Jakarta: remaja Rosdakarya.

MY. N, 2020. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Luas dan Keliling Trapesium dan Belah Ketupat Melalui Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 . Skripsi: Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri ArRaniry Darussalam Banda Aceh.

Nurhayati, E. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7 (3), 145-150. Diakses pada 14 Januari 2021.

Nurul. A. I. 2020. Penggunaan Software Dalam Pembelajaran Kampus Di Masa Pandemi COVID-19: Studi Literatur .

Nurhasannah. Herliandry, D. L. Suban, E. M. Kuswanto. 2020 .Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tehnologi Pendidikan 22(1), 65-70. Diakses pada 14 Januari 2021.

Rahmania, L. 2016. Analisis Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linier satu variabel. Jurnal matematika dan pendidikan matematika vol. 1 No.2 september 2016 .

Siregar, H. S. Et all. 2020. Merekonstruksi Alam Dalam Kajian Sains dan Agama: studi Kasus pada masa pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) dampak Covid-19. Bandung: Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syarifudin, A. S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(1), 31-34. Diakses pada 8 Maret 2021

Vitaloka. P. W, Habibi. M, Putri. R, Putra. A. 2019. Analisis Kemampuan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol.9 Nol.2, 2020.

Yayuk, E. et all. 2018. Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Manalu, H. . (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 41 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/ 2021. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 100–108. https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1707

Issue

Section

Artikel