EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMP BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Veronica Barus Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1708

Keywords:

Efektivitas, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Pembelajaran Matematika, Covid-19

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran matematika pada masa pandemic COVID -19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pemilihan subjek dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini subjek yang digunakan oleh peneliti adalah kelas VII dan VIII sebanyak 70 Siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini kualitatif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, hasil dari angket respon siswa, nilai UAS matematika siswa, serta hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh cukup efektif utnuk dapat diterapkan di sekolah

Author Biography

Veronica Barus, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Abidin, Zainal, dkk. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19”. Research and Development Journal of Education Vol. 1, No.1, Oktober 2020.

Basuni, Bistari. 2017. “Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif”. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuwan. Vol. 1, No.2, Oktober 2017

Groeduacademy.com. 2014. Metode Penyampaian Pembelajaran Jarak Jauh. Diakses pada 19 Februari 2021, 12.12 WIB, dari (https://groeduacademy.com/metode-penyampaian-pembelajaran-jarak-jauh/).

Kurniasari, Asrilia, dkk. 2020. “Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid -19”. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian Vol. 6, No.3, September 2020.

Mahendra, Ambarwati. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kasus di RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan Tahun 2020”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Salatiga.

Maiti & Bidinger. 2010. Jurnal of Chemical Information anfd Modeling Vol.53, Februari 2010.

Mawaddah, D.I. 2020. “Efektivitas Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Skripsi. Universitas Pancasakti Tegal.

Medcom.id. 2020. Menilik Masalah PJJ dari Sisi Siswa, Orang Tua, dan Guru. Diakses pada 28 Januari 2021, 18.54 WIB, dari (https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ybDlQgvb-menilik-masalah-pjj-dari-sisi-siswa-orang-tua-dan-guru).

Miyarso, Estu. “Definisi, Sejarah, dan Teori Pendidikan Jarak Jauh”. hal.6.

Prawiyogi, Anggi, dkk. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta”. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, November 2020

Risnawati. 2020. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal PISA”. Skripsi. Universitas Katolik Santo Thomas Medan.

Sartika, Dewi. 2019. “Analisis Efektivitas Pendapatan Retribusi Daerah Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sianturi, Aprilita. 2017. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 5 Sumbul Tahun Pelajaran 2017/2018”. Skripsi. Universitas Katolik Santo Thomas Medan.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit CV.ALFABETA

Suteki.co.id. 2020. Pandemi Covid-19 Mengancam Keberlangsungan Dunia Pendidikan. Diakses pada 25 Januari 2021, 14.50 WIB, dari (https://suteki.co.id/pandemi-covid-19-mengancam-keberlangsungan-dunia-pendidikan/).

Syahmina, Ifrah. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan”. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Tarigan, Elsa. 2020. “Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Kubus dan Balok Berbasis Soal Kontekstual di Kelas VIII SMP”. Skripsi. Universitas Katolik Santo Thomas Medan.

Teknikelektronika.com. Pengertian Skala Likert (Likert Scale) dan Menggunakannya. Diakses pada 26 Februari 2021, 17.54 WIB, dari (https://teknikelektronika.com/pengertian-skala-likert-likert-scale-menggunakan-skala-likert/)

Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh Perancangan, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Zocara.blogspot.com. 2016. Pengertian Matematika. Diakses pada 30 Januari 2021, 15.54 WIB, dari (http://zocara.blogspot.com/2016/01/pengertian-matematika.html).

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Barus, V. . (2022). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMIC COVID-19 DI SMP BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2020/2021. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 109–119. https://doi.org/10.54367/cartesius.v4i2.1708

Issue

Section

Artikel