ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA

Authors

  • Risnawati Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, PISA, Soal-soal PISA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematik pada soal PISA. Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ditentukan melalui purpose sampling dengan pertimbangan tertentu. Pemilihan subjek ini akan diambil siswa juara pertama di setiap kelas dari lima kelas. Subjek yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari lima orang siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal PISA konten perubahan dan hubungan. Metode pengumpulan data berupa tes tertulis dan wawancara terkait kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan langkah penyelesaian Polya. Hasil penelitian ini adalah banyak siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah yaitu a) kemampuan dalam memahami masalah sebanyak 60 % siswa, b) kemampuan menyusun rencana penyelesaian sebanyak 48 % siswa, c) kemampuan melakukan perhitungan sebanyak 36 % siswa dan d) kemampuan dalam memeriksa kembali penyelesaian sebanyak 12 %. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah karena masih siswa kurang memahami pertanyaan dari setiap soal

Author Biography

Risnawati, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Jawa Y.D, dan Oktavianus M. 2019. Analisis Kemampuan Matematika Siswa Smp di Kefamenanu dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal.

Latif, S dan Irwan Akib. 2016. Mathematical Connection Ability In Solving Mathematics Problem Based On Initial Abilities Of Students At SMPN 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2).

Mawaddah dan Hana. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative (Generative Learning) Di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2),166-175.

Mita, D.S., Linda, Nur (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal PISA. Lentera Sriwijaya, 1(2) 25-33.

Nirmalitasari O.S. 2012. Profil Kemampuan Siswa dalam Memecahlan Masalah Matematika Berbentuk Open-Start pada Materi Bangun Datar. Jurnal

Novitasari D, 2016. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal.

OECD (2013), PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy, OECD Publishing.

Oktaviana, D.V., Syafrimen, Riski (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX MTs dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Pada Konten Perubahan dan Hubungan. Jurnal

Putra, Y.Y., Zulkardi, dan Yusuf H. 2016. Pengembangan Matematika Model Pisa Konten Bilangan Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Glemen 2(1), 14-26.

Rahmawati E, Annajmi, Hardianto. 2016. Analisis Kemampuan Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bertipe PISA. Jurnal

http://e-journal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/article/view/930

Sapitri Y, Citra U, Mariyam. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-Endedp pada Meteri Lingkaran Ditinjau Dari Minat Belajar. Jurnal Variabel, 2(1), 16-23.

Setiawan H, Dafik, Nurcholif D.S.L. 2014. Soal Matematika dalam PISA Kaitannya dengan Literasi Matematika dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Simalango, M.M., Darmawijoyo, Aisyah, N. 2018. Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal PISA Pada Konten Change And Relationship Level 4, 5 dan 6 Di SMP N 1 Indralaya. Jurnal Pendidikan Matematika, 12 (1), 43-58.

https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/view/4246/pdf

Slameto. 2010. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi ( Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Yuwono T., Mulya S., Rosita D.F. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaiakan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika 1(2), 137-144.

http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/1316

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Risnawati. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VIII SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11–24. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/1711

Issue

Section

Artikel