PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MELAKUKAN PEMBIASAAN SIKAP SOPAN SANTUN DI KELAS V SD PENGKOL JEPARA

Authors

  • Virani Ayesha Amelia Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara
  • Erna Erinta Sari Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Sopan Santun, Peningkatan Karakter

Abstract

Guru seringkali mendapati siswa yang kurang sopan santunnya,khususnya saat bertemu dengan guru, saat berpapasan dengan guru, siswa cenderung tidak memberikan sapaan atau salam, bahkan juga tidak menoleh atau tersenyum. Tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu untuk meningkatkan kesopanan siswa dengan menggunakan bimbingan kelompok. Subjek penelitian yaitu siswa SD Pengkol Jepara pada semester genap. Metode penelitian yaitu deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket sopan santun. Analisis data menggunakan harga rata-rata siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan santunan santun siswa kelasV SD Pengkol Jepara . Pada siklus I rata-rata tingkat sopan santun siswa yaitu 34,05 yaitu sebanyak 70,93%. Kemudian pada siklus II, nilai rata-rata sikap sopan santun siswa 39, 16 yaitu sebanyak 81,58%. Peningkatan nilai sopan santun dari siklus I ke siklus II yaitu sebanyak 10,68%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kelompok teknik bimbingan dapat meningkatkan kesopanan santun siswa SMA.

Downloads

Published

2023-01-28

How to Cite

Amelia, V. A. ., & Sari, E. E. . (2023). PENINGKATAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MELAKUKAN PEMBIASAAN SIKAP SOPAN SANTUN DI KELAS V SD PENGKOL JEPARA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 115–127. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2388

Issue

Section

Artikel