PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (AO) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP SWASTA AMAL LUHUR MEDAN
Keywords:
Pemahaman Matematis, Advance Organizer, Konsep MatematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran advance organizer (AO) terhadap pemahaman konsep matematis persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Amal Luhur Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial penelitian.. instrumen yang digunakan berupa tes dan non – tes. Data yang diperoleh akan dianalisis dengan uji statistik berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji – t. Hasil analisis data posttest menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000 dimana 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran advance organizer lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.References
Andini, Pratiwi, (2014). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja Dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT Bank BNI Syariah Cabang Bogor, Jurnal Ilmiah Vol1, No.2, Universitas Gunadarma
Anggoro, T. 2018. Advance Organizer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Topik Hidrokarbon. Skripsi: Universitas Pendidikan Indonesia.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Aunurrahman. 2014. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2014
Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta : ArRuzz Media Herman
Ferowita, Anggraini, dkk. (2016). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Menggunakan Media Realia di Kelas 1 SD Negeri Telajung 03 Kecamatan Cikarang Barat. Indonesia Digital Journal for Mathematics and Education, Vol. 3 No. 5
Fitriani, N.dkk. Pengaruh Antara Kematangan Emosi Self-efficacy Terhadap Craving Pada Mantan Pengguna Narkoba. Journal INSAN Vol 3: Universitas Hang Tuah Surabaya.
Hanifah, Fanni Hanifah. (2014). Aplikasi Model Advance Organizer Pada Pembelajaran Seni Tari Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Di SMP Negeri 30 Bandung. Ringkang 1, no. 3
Harahap, Rofiqoh Hasan, and Mara Bangun Harahap. (2012). Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 4, no. 2