DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 2 BATUI SELATAN

Authors

  • Fitrianti Universitas Tompotika Luwuk
  • Deslianti Y. Buek Universitas Tompotika Luwuk

Keywords:

Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Operasi Hitung Aljabar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsi kemampuan pemahaman konsep  matematis siswa dalam menyelesaikan operasi hitung aljabar kelas VII SMP Negeri 2 Batui Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Subjek penelitian terdiri dari 3 orang dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis dalam penelitian ini yaitu : 1) menyatakan ulang sebuh konsep, 2) mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya, 3) mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika dalam kategori sangat baik. Akan tetapi, walaupun kemampuan pemahaman konsepnya dalam kategori sangat baik, ada satu indikator yang tidak dipenuhi yaitu mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah matematika. Sedangkan siswa berkemampuan rendah memiliki kemampuan pemahaman konsep matematika dalam kategori sangat kurang.    

References

Adhiska, D. P., Fathurrohman, M., & Khaerrunnisa, E. (2020, Maret). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Materi Aljabar. Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1, 64-75.

Amalia, Y., Duskri, M., & Ahmad, A. (2015, September). Penerapan Model Eliciting Activities Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self Confidence Siswa SMA. Didaktik Matematika, 2, 38-48.

Anggraeni, F. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemandirian Belajar.

Anisa Desi Liestya, E. E. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Model Discovery Learning Dan Ekspositori Materi Segiempat Dan Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 06, 103.

Arikunto, Suharsimi, (2013) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Guided Discovery Learning Bantuan Permainan Kaki Bima, Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Delani, N. M. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal-Soal Pada Topik Operasi Bentuk Aljabar Kelas VIII B SMP Pangudi Luhur I Klaten.

Fahrudhin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018, April). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Pendidikan Matematika, 1, 14-20.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018, Juli). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas 2 Sekolah Dasar. Cakrawala Pendas, 4, 32-44.

Ferdianto, F., & Ghanny, (2014). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Problem Posing.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021, Maret). Hambatan Yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Cendekia : Pendidikan Matematika, 05, 533-541.

Maulidiah, N. (2017). Profil Berpiki Aljabar Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning).

Media, P. (2014). UUD 1945 Sebelum Dan Sesudah Amandemen & GBHN.

Moleong. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.

Piyanto. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas 7 Di Mts Manbaul Islam Soko Kabupaten Tuban. 1-39.

Prianto, A. (2014). Kajian Materi Aljabar Dan Komunikasi Matematis. Indonesian Digital Journal Of Mathematics And Education, 2, 1-8.

R. Nurdiansyah, T. J. (2017). Analisis Implementasi Standar Proses Pada Micro Teaching Mahasiswa Pendidikan Matematika. Unnes Journal Of Mhatematics Education, 277-286.

Radiusman. (2020). Studi Literasi : Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6, 1-8.

Sudane, I. W., & R. Saadjad, A. S. (2021, Oktober). Kontribusi Kemampuan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi SPLDV. Ilmu Pendidikan, 5, 159-174.

Sumarmo, U. (2014). Asesmen Soft Skill Dan Hard Skill Matematik Siswa Dalam Kurikulum 2013.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar.

Yuliana, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018, Agustus). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN Kuok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Cendekia : Pendidikan Matematika, 2, 91-100.

Downloads

Published

2023-07-06

How to Cite

Fitrianti, F., & Buek, D. Y. . (2023). DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI OPERASI HITUNG ALJABAR KELAS VII SMP NEGERI 2 BATUI SELATAN. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 12–32. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2671

Issue

Section

Artikel