ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD SARIMULYO

Authors

  • Mita Akbar Sukmarini Universitas Bakti Indonesia
  • Robiatul Witari Wilda Universitas Bakti Indonesia
  • Hermanto Universitas Bakti Indonesia
  • Ana Nurjanah Universitas Bakti Indonesia

Keywords:

minat belajar matematika, faktor internal, faktor eksternal

Abstract

Penelitian ini tentang analisa faktor yang berpengaruh terhadap minat belajar matematika dari peserta didik SD Sarimulyo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara detail faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan bagaimana pengaruhnya terhadap minat belajar matematika. Dengan menggunakan pendekatan dan jenis penelitian kualitatif deskripstif, penelitian ini berupaya menggambarkan keadaan sesungguhnya pada saat pelaksanaan penelitian dan menjabarkan keadaan objek dengan apa adanya. Teknik pengumpulan data dengan metode survey dan angket yang dibagikan kepada 16 peserta didik yang menjadi responden penelitian. Dari hasil penelitian, didapatkan kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik SD Sarimulyo diantaranya adalah faktor internal yang terdiri dari kondisi jasmani dan kondisi rohani peserta didik, dan faktor eksternal yaitu cara mengajar guru matematika di sekolah dan dukungan dari orang tua di rumah. Dari keempat faktor tersebut, cara mengajar guru disekolah merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap minat belajat matematika dibandingkan dengan faktor yang lain. Ketiga faktor lainnya memiliki pengaruh namun tidak signifikan.

References

Nahdi, D.S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3 (1), 20-29. https://core.ac.uk/download/pdf/228882759.pdf

Putri, B.B.A., Muslim, A., & Bintaro, T.Y. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 68-74. doi: https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Djaali (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hadis, A. & Nurhayati. (2010). Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syardiansah (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Manajemen (Studi kasus Mahasiswa Tingkat I EKM A Semester II). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 5 (1), 440-448. http://jurnal.unsam.ac.id/index.php/jmk/article/view/50

Fuad, Z.A. & Zuraini. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas I Sdn 7 Kute Panang. Jurnal Tunas Bangsa, 42-54. https://ejournal.bbg.ac.id/tunasbangsa/article/view/625/585

Sukmadinata, N.S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Ramaja Rosdakarya.

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement

Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2), 127–133. https://www.researchgate.net/publication/329922686_Skala_Pengukuran_dan_Jumlah_Respon_Skala_Likert

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-07-08

How to Cite

Sukmarini, M. A. ., Wilda, R. W. ., Hermanto, H., & Nurjanah, A. . (2023). ANALISIS FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI MINAT BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SD SARIMULYO. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–6. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2694

Issue

Section

Artikel