PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN MENGGUNAKAN SPSS PADA PEMBELAJARAN STATISTIKA
Keywords:
pemahaman konsep, matematika, SPSSAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh pemahaman konsep matematika mahasiswa terhadap kemampuan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif dengan instrumen pengumpulan data berupa tes yang diberikan kepada 12 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif didukung oleh analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika mahasiswa berpengaruh dan signifikan terhadap kemampuan menggunakan SPSS pada pembelajaran Statistika dengan materi Regeresi Linier Sederhana.References
Al Washliyah, U. (2018). Auliana Nasution. In Jurnal Mimbar Ilmu (Vol. 23, Issue 3).
Aspriyani, R., Hartono, B. P., Ahmad, M., Susilowati, E., Matematika, P. S., Matematika, F., Komputer, I., Nahdlatul, U., Al, U., & Cilacap, G. (n.d.). Implementasi SPSS dalam Analisis Data Bagi Mahasiswa di Cilacap.
Cahani, K., Nia Sania Effendi, K., Rahman Munandar, D., Singaperbangsa Karawang, U., Ronggo Waluyo, J. H., Jaya, P., Jambe Timur, T., & Barat, J. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1). https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224
Nurhayati. (2020). Pengaruh Peer Teaching Berbantuan Aplikasi SPSS terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep pada Materi Statistika. Jurnal Gammath, 5(2), 72-78. http://dx.doi.org/10.32528/gammath.v5i2.3543
Nurhayati, N., & Novianti, N. (2020). Pengaruh SPSS terhadap Hasil Belajar pada Materi Statistika Deskriptif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 101. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2609
Riyanto, S., & Fatim Nugrahanti, dan. (2018). Pengembangan Pembelajaran Statistika Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS dengan Bantuan Multimedia untuk Mempermudah Pemahaman Mahasiswa terhadap Ilmu Statistika. In Journal of Computer and Information Technology E-ISSN (Vol. 1, Issue 2). http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/doubleclick
Sari, I. N., & Warmi, A. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Statistika Siswa SMK Kelas 12. JuMlahku, 8(1), 95-110. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v8i1.1707
Syafriani, D. (2021). Pembelajaran Statistika dengan Metode Tutorial Menggunakan Aplikasi SPSS untuk Meningkatkan Kemampuan Statistik Mahasiswa. Jurnal Sekolah, 5(2), 10-15. http://dx.doi.org/10.24114/js.v5i2.26302
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 04, Issue 01). https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr