ANALISIS PENALARAN MATEMATIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI DESA GONDANGMANIS
Keywords:
Kemampuan, Penalaran Matematis, Siswa, Desa GondangmanisAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan bernalaran matematis, dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan 4 siswa kelas IV Sekolah Dasar di Les Teras Belajar Desa Gondangmanis. Penelitian ini menggunakank tes, observasi dan dokumentasi serta menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil pada penelitians ini menunjukan bahwa kemampuan panalaran siswa kelas IV kelas Sekolah Dasar masih kurang dalam materi matematika pembagian dan perkalian pada soal cerita matematika. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh guru sekolah maupun les dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penalaran matematis matematika kelas IV Sekolah Dasar di Les Teras Belajar Desa Gondangmanis pada soal cerita masih rendah dengan hasil tes hanya 3 siswa yang mampu menjawab benar 2 soal, sedang untuk 1 siswa semua jawaban salah. Dengan demikian kegiatan penalaran matematis dalam belajar mengajar perlu diperhatikan apalagi dalam soal cerita.References
Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran project based learning – literasi dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di sekolah dasar. EDUKARYA: Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 35-42. https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/edukarya/article/view/6488
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. Jurnal LEMMA, 7(2), 219-236. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/27783
Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1884
Firdaus, D. M., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi seft-efficacy dan mathematics anxiety terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 85-103. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488
Hidayati, K. N. (2013). Peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle “5-E” dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas V SD N 03 Mudal Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/lemma/article/view/3409
Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. TSCJ, 2(2), 1-9. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/9649
Izzah, K.H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210-218. https://ijerr.ijerr.com/index.php/ijerr/article/view/16
Nashihah, D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2019). Klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 203-212. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17628
Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran matematika dengan pendekatan investigatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 8-15. https://journal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alm/article/view/17628
Putri, D.K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497
Riswari, L., & Ermawati, D. (2020). Penalaran dan pemecahan masalah matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.