ANALISIS PENALARAN MATEMATIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI DESA GONDANGMANIS

Authors

  • Haninda Khoirina Universitas Muria Kudus
  • Melina Rahayau Nengsih Universitas Muria Kudus
  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus

Keywords:

Kemampuan, Penalaran Matematis, Siswa, Desa Gondangmanis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan bernalaran matematis, dengan metode kualitatif deskriptif menggunakan 4 siswa kelas IV Sekolah Dasar di Les Teras Belajar Desa Gondangmanis. Penelitian ini menggunakank tes, observasi dan dokumentasi serta menganalisis data menggunakan metode deskriptif. Hasil pada penelitians ini menunjukan bahwa kemampuan panalaran siswa kelas IV kelas Sekolah Dasar masih kurang dalam materi matematika pembagian dan perkalian pada soal cerita matematika. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh guru sekolah maupun les dalam proses belajar mengajar siswa kelas IV. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penalaran matematis matematika kelas IV Sekolah Dasar di Les Teras Belajar Desa Gondangmanis pada soal cerita masih rendah dengan hasil tes hanya 3 siswa yang mampu menjawab benar 2 soal, sedang untuk 1 siswa semua jawaban salah. Dengan demikian kegiatan penalaran matematis dalam belajar mengajar perlu diperhatikan apalagi dalam soal cerita. 

References

Abidin, Z., Utomo, A. C., Pratiwi, V., & Farokhah, L. (2020). Pembelajaran project based learning – literasi dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di sekolah dasar. EDUKARYA: Educational Journal of Bhayangkara, 1(1), 35-42. https://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/edukarya/article/view/6488

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan penalaran matematis: systematic literature review. Jurnal LEMMA, 7(2), 219-236. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/27783

Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1884

Firdaus, D. M., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi seft-efficacy dan mathematics anxiety terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 85-103. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488

Hidayati, K. N. (2013). Peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa melalui model pembelajaran learning cycle “5-E” dengan menggunakan alat peraga pada siswa kelas V SD N 03 Mudal Boyolali tahun ajaran 2012/2013. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/lemma/article/view/3409

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M., Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (2019). Analisis kemampuan penalaran ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. TSCJ, 2(2), 1-9. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/9649

Izzah, K.H., & Azizah, M. (2019). Analisis kemampuan penalaran siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa kelas IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 210-218. https://ijerr.ijerr.com/index.php/ijerr/article/view/16

Nashihah, D., Sulianto, J., & Untari, M. F. A. (2019). Klasifikasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 203-212. https://doi.org/10.23887/ijerr.v2i2.17628

Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran matematika dengan pendekatan investigatif untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan representasi matematis siswa sekolah dasar. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 8-15. https://journal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/alm/article/view/17628

Putri, D.K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Riswari, L., & Ermawati, D. (2020). Penalaran dan pemecahan masalah matematis. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.

Downloads

Published

2023-07-11

How to Cite

Khoirina, H., Nengsih, M. R. ., & Riswari, L. A. . (2023). ANALISIS PENALARAN MATEMATIS MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD DI DESA GONDANGMANIS . Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 47–54. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2764

Issue

Section

Artikel