PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP

Authors

  • Eskana Laurensia Hasugian Universitas Negeri Medan
  • Waminton Rajagukguk Universitas Negeri Medan

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dengan dua model yaitu model pembelajaran kooperatif think pair share dan model pembelajaran problem based learning. Simple random sampling digunakan untuk memilih sampel. Dengan demikian, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga puluh siswa kelas VIII-3 dan VIII-4. Dengan eksperimen semu, sebagai jenis penelitian eksperimen yang digunakan. Pre-test-post-test group control sebagai desain dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan tes. Perbedaan antara dua rata-rata dapat diuji dengan menggunakan rumus uji-t yang merupakan alat analisis data. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menyelesaikan masalah meningkat sebesar 42,55% pada pembelajaran think-pair share. Sedangkan pada pembelajaran berbasis masalah (PBL) meningkat sebesar 47,55%. Kemudian dari hasil perhitungan uji hipotesis that  = -2,643 dan = - 1,6723 sehingga diperoleh  < . Jadi Ha diterima namun Ho ditolak. Dengan demikian, siswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning lebih baik dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada kemampuan pemecahan masalah di kelas VIII SMP.

References

Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada. Jornal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30-41.

Indriana, L., & Maryati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kampung Sukagalih. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3).

Isrok'atun, & Rosmala, A. (2019). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Octavia, S. A. (2020). Model - Mpdel Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Permatasari, R., & Nuraeni, R. (2021). Kesulitan Belajar Siswa SMP Mengenai Kemampuan Koneksi pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Rahmatiya, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Resensiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.

Riski, F., Marethi, I., & Rafianti, I. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).

Tamrin, M., St Fatimah, S. S., & Yusuf, M. (2011). Teori belajar konstruktivisme vygotsky dalam pembelajaran matematika. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 40-47.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Artikel