PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 1 SIROMBU

Authors

  • Anhar Maruao Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model Pembelajaran Problem-Based Learning, Motivasi belajar, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya kesulitan yang dialami siswa   kelas VII SMP Negeri 1 Sirombu dalam mata pelajaran Matematika. Dibuktikan dengan banyaknya nilai siswa yang tidak tuntas mencapai KKM, dimana siswa merasa bosan dengan proses belajar yang monoton dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Solusi dari permasalahan ini adalah peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Perbandingan Senilai dengan menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-A SMP Negeri 1 Sirombu pada semester Ganjil tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase siswa yang termotivasi sebesar 60%, siswa yang memiliki kategori cukup dan siklus II meningkat sebesar 75% siswa meniliki kategori tinggi. Persentase ketuntasan belajar siswa pada Siklus I sebesar 59%, siklus II meningkat menjadi 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem-Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Eklesiawati, Adventa. 2016. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemakaian Alat Peraga Manipulatif untuk Menghitung Luas Permukaan dan Volume Kubus serta Balok pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 3 Tulang Bawang Udik Lampung Tahun Ajaran 2015/2016. Artikel penelitian, Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma (online) (https://repository.usd.ac.id/11798/1/3425_Peningkatan+Motivasi +dan+Has il+Belajar. pdf diakses tanggal 10 Desember 2023)

Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman. 2007. Interkasi dan Motivasi Belajar mengajar. Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yoki Ariyana, Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, & Zamroni. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulianti, 2015. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle. Artikel Penilitian, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan PMMATEMATIKA Fakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Tanjungpura Pontianak (online) (https://media.neliti.com/media/publications/212793-meningkatkan- motivasi-dan-hasil-belajar.pdf diakses tanggal 10 Desember 2023)

Zubaedah, siti. 2017. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kurikulum 2013 Kelas VII. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Artikel