PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

Authors

  • Suryani Nababan Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Univesitas Negeri Medan

Keywords:

Think Pair Share, Komunikasi Matematis, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Medan yang berjumlah 26 orang menjadi subjek penelitian ini. Hasil analisis data tentang kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus I menunjukkan bahwa hanya 11 siswa (atau 42,30% dari total) memenuhi syarat, yaitu mendapatkan nilai minimal 70. Hasilnya menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal kelas belum memenuhi persyaratan minimal 85%. Siklus kedua menunjukkan bahwa 23 siswa atau 88,46% dari total siswa telah mencapai standar komunikasi yang ditargetkan, yaitu mendapatkan nilai minimal 70. Siswa dengan ketuntasan belajar telah meningkat sebanyak 12 siswa. Siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematis sebesar 14,49, dengan nilai rata-rata 64,95 pada tes kemampuan komunikasi dan siklus II meningkat menjadi 79,44. Di kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Medan, penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share pada materi sistem persamaan linear dua variabel menunjukkan peningkatan komunikasi matematis siswa.

References

Ansari. (2016). Komunikasi Matematik: Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Barus, A. K. K., Saputro, M., & Prihatin, I. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjaudari Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Himpunan DiKelas Vii Smp Negeri 01 Tayan Hulu. Student Scientific Creativity Journal, 1(1), 141-151.

Dewi, N. C., Nasution, P. R., & Hasibuan, S. G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Komunikasi Matematika Siswa pada Materi Himpunan DiKelas Vii Smp Negeri 5 Batang Angkola Tahun Ajaran 2021- 2022. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 58-63.

Dharma, I. Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-PairShare) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, Vol. 2, 239-246.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika?. Medan: Pendanaan Publishing.Lestari,

Sri Ayu Bintang, Sahat Saragih dan Hasratuddin. (2018). Developing Learning Material Based on Realistic Education WithMalay Culture Context to Improve Mathematical Communication Ability and Self-Efficacy of Student in SMP 2 Talawi. Science and Education Publishing: American Journal Of Educational Research, 6(11)

Novriani, M. R., & Surya, E. (2018). Analysis of student difficulties in mathematics problem solving ability at MTs SWASTA IRA Medan. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3).

Rangkuti, R. K., Ritonga, W. A., & Ritonga, S. I. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran ekspositori berbantuan media autograph. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 7-14.

Siregar, R. M. R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas X Sma Melati Binjai Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 52-59

Syafaruddin., dkk. 2016. Sosiologin Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Artikel