PENGEMBANGAN ELEKTRONIK BOOK MENGGUNAKAN MEDIA CANVA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 2 MEDAN

Authors

  • Amanda Azizsyah Putri Universitas Negeri Medan
  • Nurhasanah Siregar Universitas Negeri Medan

Keywords:

Elektronik Book, Kemampuan Penalaran matematis siswa, barisan dan Deret aritmatika

Abstract

Pengembangan elektronik book menggunakan media canva untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Medan, Amanda azizsyah putri, Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk elektronik book  menggunakan media canva untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan atau R&D (Research & development). Subyek penelitian sebanyak 27 orang peserta didik kelas X reg 2 SMA muhammadiyah 2 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elektronik book yang dikembangkan adalah: (1).Valid dengan indikator penilaian aspek kelayakan  bahasa 95,4% dengan kategori sangat valid, Media 96%  dengan kategori sangat valid, materi 96,28% dengan kategori sangat valid, materi 96,28% dengan kategori sangat valid , prestest dan posttest 95,2% dengan kategori sangat valid, angket respon guru 94,81% dengan kategori valid, angket respon siswa 95,5% dengan kategori sangat valid, dan modul merdeka 85,8 dengan kategori sangat valid. (2). Kepraktisan pada elektronik book yang dikembangkan mendapatkan nilai presentasi sebesar 84% dengan kategori “sangat layak”. (3). Elektronik book yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Dengan perolehan presentase 93%,  elektronik book yang dikembangkan tergolong efektif. Dengan meningkatnya kemampuan penalaran pada tiap indikator penalaran mateamtis siswa yang mencakup 5 indikator, pada indikator pertama siswa meningkat sebesar 35% ( dari 61% menjadi 96%) , indikator kedua meningkat 49% ( dari 47% menjadi 96%), indikator ketiga meningkat 45% (dari 44% menjadi 89%), indikator ke empat meningkat 32% (dari 43% menjadi 75%) , indikator ke lima meningkat 37% (dari 32% menjadi 69%). Sehingga kemampuan penalaran matematis siswa meningkat dari uji coba prettest dan uji coba posttest.

References

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Budi Utomo, A., Yelianti, U., & Wicaksana, J. (2018). Pengembangan E-Book Berbasis Mobile Learning Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan Development of Mobile Learning Ebook for Plant Structure Course. 11, 95–106.

Hidayatullah, M. S., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Muhammad. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93–102.

Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61.

Naibaho, H. C. M., Sinaga, R (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berbantuan Media Canva Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Hukum Gerak Newton.Genta Mulia: Jurnal Genta.3(7)28-35.

Novan Mamoto, I. S. dan G. U. (2018). Implementasi Pembangunan Infrastruktur Desa Dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2017 (Studi) Desa Ongkaw Ii Kecamatan Sinonsayang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 1–11.

Pemimaizita. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemik Covid-19 Siswa Kelas Xi Man 1 Bungo. Jurnal Pendidikan Matematika Mat-Edukasia, 7(1), 15–21.

Risman. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika Pada Sd Negeri 04 Taeh Tahun Pelajaran 2019/2020. Theorems, 5(1), 86–95.

sugiyono.(2020). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D .Alfabeta

Vladimir, V. F. (2022). SKL Permendikbud 5 tahun 2022. Gastronomía ecuatoriana y turismo local., 1(69), 5–24.

Gabriela, N. D. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2(1), 104–113.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Artikel