IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 30 MEDAN

Authors

  • Martina Abigail Isabella Sihotang FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ribka Kariani Sembiring FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Israil Sitepu FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dikelas VIII SMP Negeri 30 Medan. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tiap tahap. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, sedangkan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi kubus dan balok. Dari nilai rata-rata kemampuan awal yaitu 49,79, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada siklus I yaitu 62,71 dan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis pada siklus II yaitu 76,88 serta nilai rata-rata aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu 64% dan 55% dan siklus II yaitu 83% dan 82%

Author Biography

Martina Abigail Isabella Sihotang, FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. 1.

Fitri, S., & Utomo, R. B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep di SMP Pustek Serpong. Jurnal E-DuMath, 2(2), 193–201.

Khoirunnisa, P. H., Malasari, P. N., Matematika, T., & Tarbiyah, F. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Self Confidence. 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804.

Nainggolan, D. Y. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa berbantuan Aplikasi Math Mobile Learning. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Nayazik, A. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Dengan Model Ideal Problem Solving Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika 1. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 47–51. https://doi.org/10.33654/math.v2i1.27.

Pasaribu, R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Kubus Dan Balok Di SMP BUDI MURNI 2 MEDAN. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 170-184.

Rosa, N. M., & Pujiati, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 175–183. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.990.

Sipayung, T. N., & Sembiring, R. K. An Analysis of Students’ Errors in Resolving The Problems In The Topic Opportunity.

Yulita. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Model Picture And Picture Sekolah Dasar. Artikel Penelitian.

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Artikel