PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIS REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP KATOLIK TRI SAKTI 2 MEDAN
Keywords:
Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik, Pendekatan Konvensional, Kemampuan pemecahan masalah matematisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis menggunakan pendekatan konvensional. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Prosedur penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pengolahan data. Teknik pengumpulan data berupa tes dan observasi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 80,9 dan rata rata kelas control yaitu 72,7. Dengan taraf signifikan sebesar 0,002 lebih kecil daripada 0,05, dan t hitung > t tabel (3,21 > 2,042), itu artinya Ho ditolak dan Ha diterimaReferences
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Ed. William F. McComas. (2014). The Language of Science Education (William F. McComas, Ed.). SENSE PUBLISHERS.
Efendi, J. F. (2021). PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS BUDAYA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER: indonesia. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 24–32.
Fahrudin, A. G., Zuliana, E., & Bintoro, H. S. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 14–20.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Jurnal K, 1–17.
Graciella, M., & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodik Didaktik, 10(2), 27–36.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? In Journal for Research in Mathematics Learning) p (Vol. 3, Issue 2).
Holisin, I. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10.
Lubur, D. N. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Fungsi Melalui Penerapan Model Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 182–189.
Manalu F.P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Pada Materi Bangun Ruang Kubus Dan Balok Di Kelas VIII SMP Budi Setia. 1–46.
Margareth, S., Simarmata, E. J., Sipayung, R., & Silaban, P. J. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3950–3973.
Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., Zaman, A. Q., Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press, 1–83.
Noviyana, H., & Dewi Fitriani. (2017). PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika.
Nurfauziah, I., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2019). Penerapan Pendekatan RME Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 388–397.
Rahmawati, A. D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal TIMSS-like Domain Data dan Peluang. MATHEdunesa, 9(3), 495–503.
Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1–10.
Susanti, S., & Nurfitriyanti, M. (2018). Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VII SMPN 154 Jakarta. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(2), 115.
Wahyudi, & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika.
Widiyana, F., Idris, M., & Ramadhani, E. (2022). Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Volume 6 Nomor 5 September 2022 | ISSN Cetak: 2580 - 8435 | ISSN Online: 2614 - 1337 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP THE EFFECTIVENESS OF JIGSAW AS A COOPERATIVE LEARNING MODEL ON. 6(September), 1385–1393.
Wulandari, F., Kartika, H., & Aini, I. N. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah matematis siswa SMP. SESIOMADIKA (Pr, 7(4), 50–58.
Yuliati, I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1159–1168.
Yusri, R. (2017). Pengaruh Pendekatan Problem Centered Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Sma Negeri Kabupaten Solok. Jurnal LEMMA, 3(1).