KONSEP BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DALAM QS. AL-KAHFI: 22
Keywords:
QS. Al-Kahfi, Matematika, AritmatikaAbstract
Al - Quran sebagai sumber ilmu pengetahuan, salah satu nya pengetahuan tentang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan konsep barisan dan deret aritmatika dalam Qs. Al-kahfi ayat 22. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu berusaha menggambarkan tentang suatu variabel, gejala atau keadaan dengan apa adanya dan tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu. Sumber data dalam artikel ini diperoleh melalui karya ilmiah yang membahas tentang matematika dalam al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukan bahwa Qs. Al kahfi ayat: 22 memuat konsep matematika pada materi barisan dan deret aritmatikaReferences
Budhi, W. S., & Kartasasmita, B. G. (2015). Berpikir Matematis (Matematika Untuk Semua). Jakarta: Erlangga.
Fahrurrozi & Sukrul. (2017). Metode pembelajaran matematika, Lombok timur: Universitas hamzanwadi press.
Iryani.E (2017). Al- Quran dan ilmu pengetahuan, Jurnal ilmiah universitas batanghari jambi, 17 (33).
M. Daud Siagian. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika dalam pembelajaran Matematika. Journal of Mhatematic Education and Science, 2 (2).
Normandiri, BK dan Edar Sucipto. (2020). Barisan dan deret aritmatika, Jakarta: UNJ Pres.
Raharjo, M. D. (2002). Ensiklopedia Al Qur'an Tafsir Sosial Berdasarkan Konsep- Konsep Kunci. Jakarta: Paramadina.
Downloads
Published
2023-12-27
How to Cite
Ge’e, R. S. ., Hasibuan, A. R. ., & Wandini, R. R. . (2023). KONSEP BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DALAM QS. AL-KAHFI: 22. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 81–84. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3275
Issue
Section
Artikel