Penerapan Model Pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas IX SMP
Keywords:
Model Pembelajaran , MMP (Missouri Mathematics Project),, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) kelas IX C SMP N 37 Medan T.A. 2023–2024. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Sebanyak 32 siswa kelas IX-C SMP Negeri 37 Medan menjadi peserta penelitian. Penelitian ini merupakan bagian dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus mempunyai dua sesi. Keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut : (1) ketuntasan belajar individu (2) ketuntasan belajar secara klasikal. Dimulai dari tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II, sehingga dilihat hasil tes kemampuan pemecahan masalah meningkat. Rata- rata nilai siswa dalam menyelesaikan tes awal adalah 43,75 pada kategori sangat buruk. Persentase siswa yang tuntas pada bagian klasikal meningkat pada siklus I menjadi 65,625% dengan nilai rata-rata 70,60 yang termasuk dalam kategori rendah. Siklus II tingkat ketuntasan klasikal sebesar 90,625%, melalui nilai rata-rata sebesar 85,74 dengan kategori baik. Hasil N-gain I sebesar 0,4 dan N-gain II sebesar 0,5 termasuk dalam kelompok sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) dapat membantu siswa menjadi lebih baik dalam menyelesaikan masalah matematika.References
Agus, Nuniek Avianti. (2008). Mudah Belajar Matematika. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Andayani, F., dan Latifah , A.N. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa SMP dalam menyelesaikan soal pada materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1).
Ansori Hidayah, Irsanti Aulia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1.
Arikunto et al. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,dkk (2013) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Farid Gunandi, Ulfha Rahmawati & Iman Permana. 2020. Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Persamaan Trigonometri. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Volume 5 Nomor 1, Februari 2020, Halaman 77- 86.
Fathurrosi. 2012. Penerapan teori Gal’perin untuk Menurunkan Tingkat Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Subpokok bahasan sudut pada Siswa Kelas VIIA Semester Genap SMP Negeri 3 Bangsalsari Jember tahun Ajaran 2011/2012. Jember: Universitas Jember.
Hasratuddin, (2018), Mengapa Harus Belajar Matematik?, Perdana Publishing, Medan
Heprilia, Vita Dwi Kurniasari, dkk. (2015). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa sub pokok bahasan menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat pada siswa kelas X SMA Negeri Balung semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Pancaran, vol. 4, no. 2, hal 153-162.
Hudojo, H., (2016), Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, Um Press, Malang
Jakni, (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Pontianak : ALFABETA.
Krismanto. 2003. Beberapa teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika.
Latifah Dewi, Sukanto. 2014. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3, Nomor 3.
Lestari, K.E. & Yudhanegara, M.R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Ningtyas, Devi Yuniarti. 2012. Penerapan Model CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, and Extending) dalam Mengatasi kesalahan Siswa menyelesaikan Soal Matematika Komposisi Invers Fungsi Kelas XI di SMA Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.
Octavia, Shilphy A. 2020. Model-model Pembelajaran. Sleman : Depublish
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207-215.
Reny Wahyuni, & Efuansyah (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Menggunakan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 2, No. 1, Hal.24.
Roebyanto, G. dan Harmini, S. (2018). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini. 9(1).
Shadiq, Fadjar (2010). Model-model Pembelajaran Matematika SMP. Sleman : PPPPTK Matematika Yogyakarta.
Soemarmo, U dan Hendriana, H. (2016). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukardi, 2018. Metedologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : PT Bumi Aksara.
Susanti Meri Ismi, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Untuk Mengatasi Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Sub Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Kelas VII D SMP NEGERI 7 JEMBER Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma. Vol. 5, No. 2, hal 63-72.