Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Kooperatif Tipe Tps Berbantuan Video Kelas VIII SMP Negeri 37 Medan
Keywords:
Kemampuan pemecahan masalah, Think Pair Share, videoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana model kooperatif tipe think pair share berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Medan. (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahann masalah matematis siswa melalui model kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan video di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Medan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 30 siswa dan objek pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan Video pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran kooperatif think-pair-share berbantuan video. Hal ini dapat dilihat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tes awal sebesar 3,33% (1 siswa tuntas) meningkat menjadi 46,67% (14 siswa tuntas) pada siklus I dan meningkat kembali menjadi 86,67% (26 siswa tuntas) pada siklus II; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalaha matematis siswa dari sebelum diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran think pair share berbantuan video ke siklus I termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,34. Kemudian peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari pembelajaran siklus I ke siklus II termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,48. Hasil observasi guru meningkat dari siklus I ke siklus II dari 79,82% menjadi 85,08%. Dengan demikian, siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran melalui model think pair share berbantuan video sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.References
Abdurrahman, M., (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.
Arnelis, dkk., (2012) Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, No.1 :15
Esterida. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 36 Medan T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED
Fuadi, Ihsan, Ani Minarni dan Humuntal Banjarnahor. (2017). Analysis of Students’ Mathematical Problem Solving Ability in IX Grade at Junior High School Ar-Rahman Percut, Novelty Journals, 4, (2), 153-159.
Hasrattuddin .(2015). Mengapa Harus Belajar Matematika, Perdana Publishing, Medan.
Polya, G., (1973). How To Solve it A New Aspect of Mathematical Method. Princeton Univercity Press, Princeton.
Ramayulis, H., (2015). Dasar Dasar Kependidikan Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Kalam Mulia. Jakarta.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Kencana. Jakarta