Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 37 Medan

Authors

  • Atma Wijaya Rajagukguk Universitas Negeri Medan
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan

Keywords:

kemampuan pemecahan masalah, kooperatif, video

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran di kelas IX SMP dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran di kelas IX SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal siswa pada tes awal yaitu 15,625% (5 siswa tuntas) meningkat pada siklus I menjadi 53,125 (17 siswa tuntas) dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 93,75% (30 siswa tuntas). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari sebelum diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan video pembelajaran ke siklus I termasuk kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,37. Kemudian peningkatan dari siklus I ke siklus II termasuk pada kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,49. Hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 2,8 pada siklus I dengan kategori baik meningkat menjadi 3,45 pada siklus II dengan kategori sangat baik.

References

Fatimah, A. E. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Journal of Didactic Mathematics, 1(1): 33-40.

Hamalik, O. (1994). Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika. Medan: Perdana Publishing.

Imron, H., Somakin & Susanti. (2015). Desain Pembelajaran Fungsi Menggunakan Receipt Pembayaran Listrik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2): 1-11.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics, V.A: NCTM, Reaston.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh Dan Berkembang. Terjemahan Indonesia oleh Amitya Kumara. Jakarta: Erlangga.

Pasalbessy, C., Mataheru, W., & Ayal, C. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Jumadika), 2(1), 16-20.

Polya, G. (1973). How to solve It. Unity State of America: Princeton University Press.

Purmono, S & Dafik. (2015). Analisis Respon Siswa Terhadap Soal PISA Konten Shape and Space dengan Rasch Model. Jurnal Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015: Universitas Jember.

Ristiani, H. (2014). Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa antara Siswa yang Mendapatkan Model Pembelajaran Two Stay – Two Stray (TSTS) dengan Konvensional (Studi Penelitian Eksperimen di SMAN 8 Garut). Mosharafa, 3(2), 109-120.

Septiawan, R. (2018). Pengaruh Model STAD terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa SMP Muhammadiyah 01 Medan T.P 2017/2018. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Siregar, T. J. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Axiom Jurnal Pendidikan dan Matematika, 3(1), 15-25.

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Rajagukguk, A. W., & Dewi, I. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 37 Medan . Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 62–75. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3320

Issue

Section

Artikel