Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dengan NHT Berbantuan Canva Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IX SMP
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division), Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Canva, mathematical problem-solving skillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Canva . Penelitian ini merupakan pseudo-eksperimental dengan menggunakan non-equivalent groups design . Penelitian menggunakan dua kelas eksperimen yaitu kelas eksperimen I menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva dan kelas eksperimen II menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Canva . Instrumen penelitian yang digunakan adalah posttest yang berkaitan dengan indikator pemecahan masalah. Dari hasil perhitungan data diperoleh rata-rata posttest pada kelas eksperimen I adalah 89,82 dan pada kelas eksperimen II adalah 67,11. Data sudah teruji normal dan homogen. Lalu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t tidak berpasangan dengan syarat uji satu pihak kanan dengan hasil yang diperoleh yaitu . Motivasi yang dihasilkan dari kegiatan rekognisi tim pada model pembelajaran STAD membuat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa lebih baik daripada saat menggunakan model pembelajaran NHT. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Canva lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT berbantuan Canva di kelas IX SMP Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.References
Adhyan, A.R., & Sutirna. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTS pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Mateamtika Inovatif, 5(02): 451.
Dewi, A.S., Isnani, I., & Ahmadi, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran STAD Berbantuan Media Pembelajaran Terhadap Sikap Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JIPMat, 4(1): 7–11. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3509
Dewi, N.A., Irham, M., & Wibowo, S.E. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Ganec Swara, 15(1): 874. https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.186
Gultom, S.P., Manurung, D., Manullang, Y.D., & Manurung, Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Teorema Pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 40 Medan T. A. 2021/2022. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 164.
Gumanti, Maimunah, & Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Bantan. PRISMA, 11(2): 310.
Indra, I., Nurdiana, A., & Parsatiwi, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Koperatif Tipe Student team achievement divisions (STAD) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika (JMPM), 3(1), 1-14.
Maria, M. S., Aniah, T., & Salamah, S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Penyajian Data Kelas IX SMP Sungai Raya. Jurnal Cartesian, 01(02): 91.
Rahman, M. S., & Juniati, D. (2023). The Quality of Mathematical Proficiency in Solving Geometry Problem: Difference Cognitive Independence and Motivation. Pegem Journal of Education and Instruction, 13(3), 255-266.
Retnawati, H. (2022). Empirical Study of Factors Affecting the Students' Mathematics Learning Achievement. International Journal of Instruction, 15(2), 417-434.
Risati, T. (2021). Perbedaan Pemecahan Masalah Model Kooperatif STAD dan NHT. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 58-62.
Rosita, Valianti, R., Nasution, N., & Manurung, S.H. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa MTS Rantauprapat Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1): 41-47.
Saputra, H. (2022). The Effect of Using GeoGebra Assisted STAD Type Learning Model on Problem Solving Ability and Mathematical Disposition. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3): 574. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1028
Simanjuntak, D.L.A., Ardiana, N., & Lubis, R. (2020). Efektivitas Metode Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X SMA Swasta Bina Artha. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1): 21.
Siregar, T. J. (2019). Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 8(1).
Siregar, T.J. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Sosial Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. AXIOM, 10(1): 98.
Suriyani, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.36987/jpms.v5i1.1236
Yuaidah, R., Balkist, P.S., & Mulyanti, Y. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 06(01), 1.
Yusup, A. A. M. (2022). Perbandingan Metode Pembelajaran NHT dan STAD pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 403-408.