Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa

Authors

  • Helen Marisa Pasaribu Universitas Negeri Medan

Keywords:

Model Pembelajaran Creative Problem Solving, GeoGebra, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 31 siswa.  Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan obsevasi guru. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari skor rata-rata awal siswa sebesar 30,65 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 52,98 dalam kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 78,16 dalam kategori tinggi. Diperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,69 yang menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat dikatakan baik. Secara klasikal kemampuan siswa juga meningkat, pada siklus I sebanyak 8 siswa (25,81%)  yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Kemudian, pada siklus II diperoleh sebanyak 27 siswa (87,10%) yang menenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

References

Abdurahman,M. (2018). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Aziz, Z., & Prasetia, I. (2021). Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Kreative Mateatis Siswa. Jurnal EduTech, 7(1), 107-113.

Ermayani, Y., & dkk. (2023). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1239-1244.

Familatika, R. R., & Herudin. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV Berdasarkan Tahapan Newman. EduMatSains, 231-243.

Fatimah, Lis Daniati,dkk. (2022). Model-Model Pembelajaran. Sumatra Barat: Yayasan Pendidikan Muslim.

Hafiziani, Putri Eka, dkk. (2020). Kemampuan-Kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumennya. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Lestari, I. D., & Mahmudi, I. (2022). Efektivitas Creative Problem Solving Berbantuan Video dan GeoGebra ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar. Jurnal Pedagogi Matematika, 8(2), 83-100.

Muthaharah, Yhana Alfianadevi; dkk. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63-75.

N. M. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14-25.

Nursamira;dkk. (2022). Studi Literatur : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Mathematic Education And Aplication, 4(2), 44-55.

Pangaribuan, W. R., & Samosir, K. (2023). Analisis Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Inspirasi Dunia : Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 70-86.

Purnomo, J. (2021). Kebermanfaatan Penggunaan GeoGebra Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesia Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1), 9-22.

Putra, T. T., & dkk. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22-26.

Sanjaya, W. (2016). Startegi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2017). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susetyo, Agus Milu; dkk. (2023). Inovasi Pembelajaran Abad 21. Jember: UM Jember Press.

Trianto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi.

Yunita, S. (2020). Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK. Malang: Ahlimedia Press.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Pasaribu, H. M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 130–141. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3328

Issue

Section

Artikel