Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Bahasa Indonesia

Authors

  • Anri Parsaulian Nainggolan Universitas Negeri Medan
  • Edy Surya Universitas Negeri Medan

Keywords:

Model pembelajaran kooperati tipe think pair share (TPS), pemecahan masalah matematis, soal cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan non tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan observasi untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan hasil observasi awal yaitu tes kemampuan awal siswa, hanya 6 siswa atau 17,64% yang memenuhi KKM dengan rata-rata nilai tes awal 50,00 yang tergolong sangat rendah. Pada siklus I, jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat dari 6 siswa menjadi 16 siswa atau 27,64% menjadi 47,05%. Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis I juga meningkat dari 50,00 menjadi 67,69. Pada siklus II, diperoleh jumlah siswa yang memenuhi KKM meningkat 16 siswa menjadi 29 siswa atau 47,05% menjadi 85,30%. Rata-rata nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematis II juga meningkat dari 67,69 menjadi 81,32. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada siklus II dalam penelitian ini disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasil sehingga dapat dihentikan. Berdasarkan hasil penelitian ini dan beberap penelitian yang relevan, disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita.

References

Afandi, dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Insula Press

Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Mts: Pemecahan masalah: Motivasi: Polya. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31–44.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Fadillah, Rizki, dkk. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tioe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Matematika Siswa Kelas VII di SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU: Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 140-151.

Hasratuddin. (2015). Mengapa harus belajar matematika. Medan: Perdana Mulya Sarana.

Hidayat, Fitriah, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 KUOK: Jurnal OfEducation, 1(1), 30-39.

Khafit, Mohammad & Nurhayati, Farida. (2014). Pengaruh Pemberian Tes Formatif Terhdap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Kesehatan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 KRIAN: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 02(1), 119 – 124.

Latifah, Siti, Syintia & Irena, Puji, Luritawaty. (2020). Think Pair Share Sebagai Model Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-48.

Layali, Khafidotul, Nunung & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Treffinger di SMA: Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(02), 137-145.

Manurung, B. H. S. N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Perangkat Lunak Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berasis Polya’s Four-Step Problem Solving. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(3), 296–304.

Mardiana. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Koopertaif Tehnik Think-Pair-Share Siswa Kelas X SMA Swasta PAB 5 KLUMPANG Tahun Pelajaran 2016/2017: Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 4(1), 176-144.

Mardicko, Afri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 204-2016.

Martatiana, Nindita dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika dan Minat Belajar Siswa: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 2614-0357.

Meliala, Kharisma, Winni & Siregar, Nurhasanah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa:Jurnal Inspiratif. 8 (1), 1-9.

Polya, G. (1973a). How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Standford University.

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Rajagrafindo Persada.

Sudarsi, Aini. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe (TPS) Think Pair Share Terhadap Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI B SDN 19 Cakragnegara: Reflection Journal, 1(2), 93-100.

Suharman . (2018). Tes Sebagai Alat Ukur Prestasi Akademik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 10(1), 93-116.

Suhartini, dkk. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Topik Lingkaran Melalui Pembelajaran Think Pair Share Bagi Siswa Kelas VII SMP NEGERI 1 GARUT: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial (JIPSI), 1(03), 1-17.

Sukino. 2017. MATEMATIKA untuk SMA kelas X. Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Nainggolan, A. P., & Surya, E. . (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Bahasa Indonesia. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 142–152. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3330

Issue

Section

Artikel