Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikk Indonesia (PMRI) Berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Authors

  • Dinda Mardiah Universitas Negeri Medan
  • Izwita Dewi Universitas Negeri Medan

Keywords:

Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Web-Based Slide Articulate Storyline 3, Pemahaman Konsep

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP; (2) mengetahui berapa besar pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa SMP; dan (3) mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 secara signifikan terhadap nilai pretest dan nilai posttest siswa pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. AL Ikhlasiyah Sei Buluh, dengan penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas VIII-1, yang berfungsi sebagai kelompok eksperimen dan menerima instruksi menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan menggunakan Slide Articulate Storyline 3 Berbasis Web dan kelas VIII-2, yang berfungsi sebagai kelompok kontrol dan menerima instruksi menggunakan metode pengajaran langsung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik kuasi eksperimen Pretest dan posttest digunakan sebagai alat penelitian dalam penelitian ini. Data penelitian diolah dengan program SPSS 26. Hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

References

Arraifi, A., & Masnilaidevi. (2i020). Peneraipan Pendiekatan Penididikan iMatematika Realiistik Indoinesia (PMRiI) Sebiagai Upaiya Meniingkatkan Hasiil Belaijar Matemiatika Di SD. Jourinal of Baisic Ediucation Stiudies. 3(2i): 750i-774.

Diewi, I, P. i, Sofya, iR., & Hiuda, A. i (2021). i Membiuat Mediia Pembeliajaran Inoivatif Denigan Aplikaisi Articuliate Stoiryline 3. iPadang: UNiP Priess.

Farizi, R., i& Deiwi, N, R. (202i2). Kiajian Teiorii: Pengembangain Pemibelajaran Iinteraktif Berbantiuan Articiulate Storyiline 3 Piada Moidel Preprosipec Berbaintuan Tiik Unituk Meninigkatkan Kemampuian Pemeicahan Miasalah Mateimatis. PiRISMA. Prosiding Seminiar Nasionial Mateimatika. 5: 304- 310. i

Hamidiah, D., Masrofiatul, Y, L., Nuir, A, K., & Ayiu, A, C, N. (20i22). Pemiahaman Konisep Perbanidingan Seniilai Dain Berbialik Niliai Melialui Pendiekatan Pendidiikan Matematiika Reialistik Indoinesi Padia Siiswa SMP. iSeminar Nasioinal Pendiidikan Maitemtika. 78-86.

Hasratiuddin. (2018). Meingapa Hairus Beilajar Matiematika. Miedan: Peirc. Eidira.

Hiidayat, E, Ii, F., Yandhiari, I, A, V. i, & iAlamsyah, T, P. i (2020i). Efektiivitas Pendekiatan Realiistic Mathiematics Educiation (RME). iJurnial Ilmiaih Sekiolah Daisar. 4(1) i: 106-i113.

Jehemain, Ai, A., Giunur, B., & iJelatiu, S. (2019). i Pengairuh Pendekiatan Maitematika Reailistik Terihadap Pemahiaman Koinsep Matematiika Sisiwa. Jurinal Penididikan Mateimatika. 8(2): 191-2i00.

Juhaieni., i Safariuddin., & Salsabiila, Z, P. (i2021). Artiiculate Storyiline Sebaigai Mediia Pembeliajaran Interiaktif Unituk Pesierta Didiik Madrasiah iIbtidaiyah. AUiLADUNA: Jurinal Peindidikan Daisar Isliam. 8(2): 150-159.

Kuraesiin, P. P. S & Iindayati, T. (20i23). Peingaruh Penggiunaan Mediai Interiaktif Beribasis iArticuilate Storyliine Terihadap iHasil Belaijar Pesertai Didiki Smp iNeigeri 22 Suriabaya Paida Miateri Listirik iStatis. Primia Magisitra: Jurinal Ilmiaih Kependiidikan. 4(1): 28-34.

Lailiiyaih, N., Alfiin, J., & Wahyuniaiti. (2018). Peninigkatan Pemahiaman Kionsep Matai Pelajairan Mateimatika Mateiri Nilaii Tempait Puluihan Dain Saituan Melialui Penidekatan Penididikan Mateimatika Reailistik Indionesia (PiMRI) Padia Keilas IB SD Isikandar Saiid Surabayia. Jourinal Of Islaimic Elemenitary Schooil. 3(2): 50-55.

Neingsih, R. (2018). Penigaruh modiel pembeliajaran PMiRI terhiadap pemiahaman konsepi matematikai. Jurnial SAP. 3(2): 131-136.

Sairi, P. (2017). Piemahaman iKonsep Matiematika Siswai Paida Matieri Beisar Siudut Mielalui Pendiekatan PMRiI. Jurinal Gaintang. 11(1): 41-50i.

Siari, R. K & Harjiono, N. (2021). Piengembangan Mediai iPembelajiaran Interiaktif Berbiasis Articulatie Storyliine Temaitik Teirhadap Miniat

Beilajar Sisiwa Keilas 4 SiD. Jurnal Pedaigosii Dain Pemibelajaran. 4(1): 122-130

Sesiliia, J & Mainurung, N. (2022). Pengiembangan Mediai Pembelaijarani Menggunaikan Articulate Stoiryiline 3 Untuk iMeningkatkani Kemiampuan Pemiahaman Konsiep Matematis Siswia Padiia Miateri Banigun Ruangi Sisi Datiar Di SiMP Swaista Katiolik Budii Miurni 2 Meidan. Inspiiriatif. 8(2): 52- 63.

Umiami, M. i A & Zulkairnaen, R. (2i022). Anailisis Kemamipuan Piemahaman Koinsep Matemaitis Sisiwa Dalaim Matieri Sisteim Persiamaan Linear Duia Variaibel. Jurnial Ediucatio. 8(1): 303i-312. i

Yaihya, i R., Ummiah, S, K., &i Effendi, i M, M. (2020). Penigembangan Periangkat Pembeilajaran Flipiped Classroiom Berciirikan Minii-Prioject. SJiME (iSupremum Jiournal of iMathiematics Educiation). 4(1): i 78-91.

Yuliainty, N. (201i9). Kemampuan Pemahiaman Konisep Mateimatika Sisiwa Denigan Peindekatan Pembielajaran Mateimatika Realiistik. Jurnial Pendiidikan Mateimatika Reflesiia. 4(1). 60-64.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mardiah , D. ., & Dewi , I. . (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistikk Indonesia (PMRI) Berbantuan Web-Based Slide Articulate Storyline 3 Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 91–104. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3831

Issue

Section

Artikel