Implementasi Model Pembelajara Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas VII SMP Swasta Advent Barus Julu

Authors

  • Claudia Br Ginting FKIP, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ribka Kariani Sembiring FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Frida M. Simorangkir FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Think Pair Share, Pemahaman Matematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah implementasi model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa kelas VII SMP Swasta Advent Barus Julu. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrument berupa lembar observasi siswa. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan pemahman matematik siswa digunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa pada pelajaran matematika materi aljabar. Dari nilai rata-rata kemampuan prasyarat yaitu 47, nilai rata-rata kemampuan pemahaman matematik siswa siklus I yaitu 68 dan nilai rata-rata kemampuan pemahaman matematik siswa siklus II yaitu 83 serta nilai aktivitas guru dan siswa pada siklus I yaitu 64% dan 59% dan siklus II yaitu 83% dan 78%.

References

Ariansyah, Fani. 2022. "Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Vi Di Sdn 11 Lawang Mandahilng Kecamatan Salimpaung."

Dewi, Ni Komang Tri Yunita, I. Made Sugiarta, And Ni Nyoman Parwati. 2021. "Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa." Journal Of Education Action Research.

Djalal, Fauza. 2017. "Optimalisasi Pembelajaran Melalui Pendekatan, Strategi, Dan Model Pembelajaran." Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan

Harefa, Darmawan, Et Al. 2022. "Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa." Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.

Hendriana, Heris, And Utari Soemarmo. 2014. "Penilaian Pembelajaran Matematika." Bandung: Refika Aditama.

Hendriana, Heris; Soemarmo, Utari. 2016. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Junaedi, Ifan. 2019. "Proses Pembelajaran Yang Efektif." Jisamar (Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research).

Maâ, Siti. 2018. "Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar?." Helper: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.

Marfuah, Marfuah. 2019. "Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model RME Berbantuan Perkalian Jarimatika Pada Kelas V SDN Cebongan 02 Salatiga Semester II Tahun 2018/2019." E-Jurnal Mitra Pendidikan.

Mufidah, Lailatul, Dzulkifli Effendi, And Titi Teri Purwanti. 2013. "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Matriks." Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo.

Nining, Sriani, Et Al. 2016. "Membangkitkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Media Sudut Siku-Siku." Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Ginting, C. B., Sembiring, R. K. ., & Simorangkir, F. . M. (2024). Implementasi Model Pembelajara Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Kelas VII SMP Swasta Advent Barus Julu. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 153–158. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/3833

Issue

Section

Artikel