Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 29 Medan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
Keywords:
Pemahaman Konsep Matematis, Model Kooperatif Tipe STAD, Gaya BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 29 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, wawancara dan dokumentasi... Wawancara dilakukan terhadap 6 orang siswa yang terdiri dari 2 siswa dari setiap gaya belajar. Hasil penelitian ini adalah: Siswa dari ketiga gaya belajar cenderung dapat melaksanakan indikator kemampuan pemahaman konsep. Kecuali mengklasifikasikan objek berupa pola bilangan pada gaya belajar visual auditorial. Siswa visual mampu memenuhi indikator menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur. Tetapi mengalami kesulitan dalam menyatakan kembali konsep dan menyajikan konsep dalam representasi berupa narasi (menggunakan unsur verbal). Siswa auditorial mampu memenuhi indikator menyatakan kembali konsep dan menyajikan konsep dalam representasi berupa narasi. Tetapi mengalami kesulitan dalam menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur di luar dari konsep yang biasa mereka temukan, diikuti dengan indikator menerapkan konsep secara algoritma juga melaksanakan perhitungan secara tepat. Siswa kinestetik mampu memenuhi indikator menerapkan hubungan antara konsep dan prosedur diikuti dengan indikator menerapkan konsep secara algoritma. Diikuti dengan mengklasifikasi objek sesuai konsepnya. Tetapi mengalami kesulitan dalam indikator indikator yang menggunakan unsur verbal.References
Diana, P. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau Dari Kategori Kecemasan Matematik. Supremum Journal of Mathematics Education, 24 - 32.
Fitriani, S., Syarifuddin, H., & Nasution, M. L. (2018). UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING ORGANIZING REFLECTING EXTENDING. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 19 - 24.
Hadijah, S., Hasratuddin, & Napitupulu, E. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematik Siswa SMP Negeri 4 Percut Sei Tuan. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 285-299.
Hernacki, M., & Porter, B. d. (2015). Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
Hia, Y., & Nainggolan, E. Y. (2022). Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 43-52.
Kelen, Y. P. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 55 - 64.
L, B., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 168-174.
Martin, Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 129-140.
Mousa, N. (2014). The Importance of Learning Styles in Education. International Journal Of Education, 19-27.
NCTM. (2000). Principles And Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
ONDER, F., & SILAY, I. (2016). The Importance of Learning Styles to Form More Succesful Cooperative Groups in Physics Course. European J of Physics Education, 1-11.
Ozbas, S. (2013). The Investigation of the Learning Styles of University Students. The Online Journal of New Horizons in Education.
Purba, E. P., Sinaga, B., Mukhtar, & Surya, E. (2017). Analysis of the Difficulties of the Mathematical Creative Thinking Process in the Application of Problem Based Learning Model. Advances in Social Science, Education an Humanities Research, 265-268.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta : CV.
Suharto, Widada, W., Susanta, A., & Haji, S. (2021). Ability to Understand Concepts: Cognitive Style,. PENDIPA Journal of Science Education, Cognitive Structure, Learning Styles and Learning Motivation, 15-22.