Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Project Based Learning Dengan Tema Miniatur Sasambo Pada Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar
Keywords:
Project-Based Learning, Miniature Sasambo, Interest in Learning, Mathematical UnderstandingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Project-Based Learning (PjBL) berbasis tema Miniatur Sasambo terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematis mahasiswa calon guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Proses pembelajaran mencakup perencanaan proyek, pengukuran, pembuatan miniatur, serta refleksi dan presentasi hasil.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan tema Miniatur Sasambo meningkatkan minat belajar mahasiswa, yang terlihat dari antusiasme dan keterlibatan aktif selama pembelajaran. Selain itu, pemahaman matematis mahasiswa juga meningkat, dibuktikan dengan perbedaan skor pre-test dan post-test, dari rata-rata 68 menjadi 83. Proyek ini memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan konsep matematika seperti pengukuran, geometri, skala, dan simetri dalam konteks nyata.Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis proyek dengan tema Miniatur Sasambo memberikan pengalaman belajar yang interaktif, kontekstual, dan bermakna, sehingga efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematis mahasiswa. Abstract. This study aims to analyze the effect of the application of the Project-Based Learning Model (PJBL) based on the theme of Miniature Sasambo on the interest of learning and understanding the mathematical concepts of elementary school students. The research method used is qualitative with data collection techniques in the form of observations, interviews, documentation, and tests. The learning process includes project planning, measurement, miniature, and reflection and results of results. The research results show that the application of PJBL with the theme of Miniature Sasambo increases student interest in learning, which is seen from the enthusiasm and active involvement during learning. In addition, students' mathematical understanding also increased, as evidenced by differences in pre-test and post-test scores, from an average of 68 to 83. This project allows students to apply mathematical concepts such as measurement, geometry, scale, and symmetry in a real context. Overall, project -based learning with the theme of Miniature Sasambo provides an interactive, contextual, and meaningful learning experience, so that it is effective in increasing motivation and understanding of students' mathematical concepts.References
Albab, I. U., Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2)
Anggreini Sarumaha, et, al. (2024). Analisis Keberhasilan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi.Journal on Education,6(4)
Duda, H. J. (2020). The implementation of project-based learning model to improve student's conceptual understanding on the topic of momentum and impulse. Journal of Physics: Conference Series, 1491(1)
Eliyasni, Rifda, Ary Kiswanto Kenedi, and Inaad Mutlib Sayer. (2019). Blended Learning and Project Based Learning: The Method to Improve Students’ Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan 4(2)
Fahlevi, M. R. (2024). Analisis Penerapan Project-Based Learning Dengan Metode Pameran dalam Mata Kuliah Statistik. Journal Of Mathematics Learning Innovation (JMLI) Volume 3, Number 2, 2024
Fitriyana, A., Ramdhani, F., Hanifah, I. (2023). Perancangan dan Pembuatan Media Pembelajaran Produk Miniatur Simulasi Ombak Kapal Berbasis Video. Journal of Industrial Engineering and Operation Management Vol 06 No 01 Juni 2023 ISSN: 2620-8184
Haru, Emanuel. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural 12(01):60–74
Saifulloh, A. M., & Darwis, M. (2020). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar di Masa Pandemi Covid- 19. Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 3(2)
Tika, I. Nyoman, and I. Gusti Ayu Tri Agustiana. (2021). The Effect of a Blended Learning Project Based Learning Model on Scientific Attitudes and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 5(4)
Wajeeh, E. M., & Qablan, A. M. (2022). The Effect of Project-Based Learning on Developing Mathematical Creativity among Pre-Service Teachers. European Journal of Educational Research, 11(2)
Zoraida, M. N., et., al. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Perguruan Tinggi. Journal on Education Volume 07 No 01 Tahun 2024