Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Computational Thinking Siswa Kelas X SMKN 4 Medan
Keywords:
E-modul, problem based learning, computational thinkingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan Computational Thinking siswa. Instrumen penelitiannya: lembar validasi modul ajar, pengamatan aktivitas siswa terhadap e-modul, e-modul oleh ahli materi, e-modul oleh ahli media, dan tes Computational Thinking siswa. Setelah seluruh instrumen divalidasi dan dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan. Berdasarkan temuan penelitian, (1) Perangkat pembelajaran memiliki validitas 94,94% untuk modul ajar, validitas e-modul 95,57% untuk ahli materi, dan 94,79% untuk ahli media, kategori sangat valid, (2) Kepraktisan e-modul dikategorikan sangat praktis sebesar 92,31%, (3) E-modul yang dikembangkan efektif yaitu: (a) Tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji lapangan sebesar 96,15%, (b) Tercapainya indikator tujuan pembelajaran dengan rerata 85,26, (c) Terjadi peningkatan nilai Computational Thinking siswa dengan rata-rata 45,52. Melalui uji Gain menunjukkan bahwa Computational Thinking siswa meningkat sebesar 0,77 dalam kategori tinggi.References
Afriyanto, F. X. D., Wulandari, S. A., & Limiansih, K. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Computational Thinking pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sosial dan Humaniora. Prosiding Seminar Nasional Sosial dan Humaniora.
Aklimawati, Isfayani, E., Listiana, Y., & Wulandari. (2022). Pengembangan Learning Management System (LMS) Edmodo Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk SMA Negeri 7 Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1), 1-12.
Haryanti, H., Daud, F., & Danial, M. (2023). Pengembangan E-Learning Berbasis LMS Computational Thinking Platform Flipped Classroom di SMA Negeri 18 Luwu Utara. UNM Journal of Biological Education, 6(2). https://doi.org/10.35580/ujbe.v6i2.45006
Hestari, S., Susantini, E., & Lisdiana, L. (2016). Validitas, Kepraktisan, dan Efektivitas Media Pembelajaran Papan Magnetik pada Materi Mutasi Gen. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(1), 7-13. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu
Irnawati. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Poster Berbasis Skema pada Materi Sistem Gerak Manusia dikelas XI MIA SMA Negeri 8 Jeneponto. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Kawuri, K. R., Budiharti, R., & Fauzi, A. (2019). Penerapan Computational Thinking untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada Materi Usaha dan Energi 6. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(2), 116-121. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/38623
Kuncahyono, & Kumalasani, M. P. (2020). Digital Skill Guru Melalui E -Modul Sebagai Inovasi Bahan ajar di Era Disrupsi 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 5-12. https://doi.org/10.37729/jpd
Listiana, Y., Aklimawati, Wulandari, Suandana, A., & Arindi, I. (2022). Development of GeoGebra Assisted Numerical Method Teaching Materials to Develop Numerical Literacy Skills. Jurnal Serunai Matematika, 14(2), 72-83.
Maharani, S., Nusantara, T., Asari, A. R., Malang, U. N., & Timur, J. (2020). Computational thinking pemecahan masalah di abad ke-21 (Issue January 2021).
Marchelin, L. E., Hamidah, D., & Resti, N. C. (2022). Efektivitas Metode Scaffolding dalam Meningkatkan Computational Thinking Siswa SMP pada Materi Perbandingan. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 4(1), 16-28.
Mukharomah, E., Hidayat, S., Handaiyani, S., Kartika, A., Studi, P., Biologi, P., & Keguruan, F. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. 6(1).
Novianti, N., & Dewi, N. (2023). Upaya Meningkatkan Computational Thinking dalam Pembelajaran IPA melalui Penerapan Aplikasi Canva. Report of Biological Education, 4(1), 32-46.
Nursyeli, F., & Puspitasari, N. (2021). Studi Etnomatematika pada Candi Cangkuang Leles Garut Jawa Barat. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 327-338.
Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 17
Refmianti, W., Syamsurizal, Arsih, F., & Rahmatika, H. (2023). Validasi Pengembangan Modul Ajar Pola-pola Hereditas Berbasis Problem Based Learning. Journal On Teacher Education (JOTE), 4(4), 242-250.
Rosyid, A. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Struktur Aljabar Ring Materi Ideal. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 80.
Siahaan, T. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekkatan Realistic Mathematics Education. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(2), 50-57.
Yuntawati, Sanapiah, & Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. 9(1), 34-42.