Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dan STAD Berbantuan Autograph di SMP N 2 Deli Tua

Authors

  • Syuza Arifino Universitas Negeri Medan
  • Hasratuddin Universitas Negeri Medan

Keywords:

Model Kooperatif Tipe Think Pair Share, Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Pemecahan Masalah

Abstract

:Penelitian ditujukan untuk memperoleh informasi keberbedaan kemampuan pemecahan masalah pada model TPS dan STAD yang berbantukan Autograph dalam penerapannya serta menilai tuntas klasikal pada kedua kelas dengan model yang digunakan. Penelitian didesain dengan two group design dengan subjek sampel siswa kelas IX-5 dan IX-7 SMP N 2 Deli Tua dengan jumlah 62 siswa. Data diperoleh dinyatakan normal dan homogen yang memberikan perlakuan prasyarat dalam uji hipotesis (uji t). Hasil diperoleh dengan kriteria uji. Sehingga, memberikan kesimpulan penolakan  yang artinya adanya keterbedaan model pembelajaran TPS dan STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mencakup materi Transformasi Geometri di SMP Negeri 2 Deli Tua tahun ajaran 2023/2024.

Author Biography

Syuza Arifino, Universitas Negeri Medan

Pendidikan Matematika

References

Azizah, R. U., & Napitupulu, E. E. (2019). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Dan Student Teams Achievement Division. KARISMATIKA: Kumpulan Artikel Ilmiah, Informatika, Statistik, Matematika dan Aplikasi, 5(3).

Elfina, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Medan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2).

Komariyah, S., dan Laili, A. F. N. (2018). Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 4(2), 53-58.

Latifah, S. S., dan Luritawaty, I. P. (2020). Think pair share sebagai model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 35-46.

Latifah, T., dan Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134-150.

Muhidin, D., dan Kudus, H. H. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir: Media Hukum dan Pendidikan, 32(2), 106-114.

Sudjana. (2016). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Arifino, S. ., & Hasratuddin, H. (2024). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dan STAD Berbantuan Autograph di SMP N 2 Deli Tua. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 180–186. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4448

Issue

Section

Artikel