Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah dengan Bantuan Adobe Flash CS6 Profesional untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas XI SMA

Authors

  • Richard Patrosza Sinaga Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan
  • Marojahan Panjaitan Fakultas MIPA Universitas Negeri Medan

Keywords:

Bahan ajar, Problem Based Learning, kemampuan penalaran matematik, Adobe Flash CS6 Profesional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika yang valid, praktis, dan efektif, sekaligus untuk mengeval_uasi peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Instrumen penelitian melibatkan lembar validasi materi dan media bahan ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), angket respon siswa dan guru, serta pretest dan posttest. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 14 Medan. Temuan penelitian meliputi: (1) Proses pengembangan buku digital yang valid, praktis, dan efektif dilakukan dengan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Langkah-langkah ini dimulai dari analisis karakteristik dan kebutuhan, kemudian solusi dirumuskan, dilanjutkan dengan perancangan dan pembuatan bahan ajar berbasis masalah menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional, dan tahap validasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan memiliki kualitas yang valid, praktis, dan efektif. (2) Terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan penalaran matematika siswa pada setiap indikator, dengan nilai N-gain rata-rata siswa sebesar 0,736, menandakan peningkatan tingkat tinggi

References

Abdullah, Muhammad Ibrahim dkk. (2021). “Service Innovation in Human Resource Management During COVID-19: A Study to Enchance Employee Loyalty Using Intrinsic Reward,” Frontiers in Psychology 12.

Abu Muhammad Iqbal. 2015. Pemikiran Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka

Alfiansyah,M. (2015). Tujuan Pembelajaran Matematika Berdasarkan Peraturan Menteri Penidikandan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor58Tahun2014.KajianLiteratur.Diambildarihttps://www.slideshare.net/MuhammadAlfianah1/tujuanpembelajaranmatematiaberdasarkanperaturanmenteripedidikandankebudayaanrepublikindonesianomortahun2014.%20(29November 2017)

Ambarwati, S. dan A.K. Prodjosantoso. (2018). Analisis Kelengkapan Alat, Bahan Laboratorium, dan Keterlaksanaan Praktikum Kimia di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jurnal Pembelajaran Kimia, 7(1), 9-18.

Anas, M. 2014. Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Education

Daryanto dan Dwicahyono, Aris. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Delia, Wijaya. 2010. Pembunuh Ganas Itu Bernama Kanker Serviks. Yogyakarta: Sinar Kejora

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 Tentang Standar akademik dan Kompetensi Konselor

Hamalik, Oemar. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Hariani, T., Haifaturrahmah, Sari, N., & Mariyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Kartu Bergambar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Paedagoria, 101-107. http://journal.ummat.ac.id/index._php/fkip/article/view/6035

Jhonson dan Tambunan, H. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic Dan Smoothboard Pada Matematika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Juni 2014, p-ISSN: 2355- 4983; e-ISSN: 2407-7488.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saadah, M. (2017). Pembuatan Media Interaktif pada Materi Grading Pola Dasar. eJournal UNS. Vol. 06. No. 01. Hlm. 47-49. 16 Januari 2019

Setyadi, A. dan A. A. Saefudin. (2019). Pengembangan Modul Matematika dengan Model Pembelajaran Berbais Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika.14(1):12-22.

Siyoto, S. & Sodik, A. 2015. Dasar Metodologi Penelitian, Literasi Media Publishing, Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Suhermi, & Sehatta, S. 2006. Strategi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Cendikia Insani.

Sukirman. 2008. Permanianan Tradisional. Yogyakarta; Elizabeth

Syaiful Bahri Djamarah dan Azwan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tania, L., & Susilowibowo, J. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1

Yudiantara, A., Salam, M., & Ikman. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash 8.0 pada materi bangun ruang di smp negeri 9 kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Volume 3 No. 2 Mei 2015 Pengembangan, 3(2), 1-16.

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Sinaga, R. P. ., & Panjaitan, M. . (2024). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah dengan Bantuan Adobe Flash CS6 Profesional untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas XI SMA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 187–199. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4449

Issue

Section

Artikel