Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Siswa Kelas V Melalui Model Jigsaw Berbantuan Media Papan Multifungsi

Authors

  • Nur Hanifah Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Gilang Ramadhan Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus

Keywords:

Pemahaman Konsep, KPK dan FPB, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Media Papan Multifungsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas V SD 3 Gulang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, berbantuan media intraktif papan multifungsi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai diatas KKTP terdapat 7 siswa 58,33%. Kemudian siswa yang mendaptklan nilai dibawah KKTP terdapat 5 siswa 41,66%. Sedangkan pada siklus II bahwa siswa yang mendapatkan nilai diatas KKTP terdapat 11 siswa 91,67 %. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKTP terdapat 1 siswa 8,33%. Jadi siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan berbantuan media papan multifungsi terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB kepada siswa kelas V SD 3 Gulang

References

Agata, D., Prihastari, E. B., Rahman, I. H., Riyadi, U. S., & Surakarta, K. (2024). Analisis gaya belajar siswa kelas 5 SD N Sambirejo terhadap daya serap matematika materi KPK dan. 210-219.

Aiman, U. (2020). Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis HOTS dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di MI Negeri 2 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 305-312

Asmara, D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tpe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis, 53(9), 1689-1699

Buldani, D., & Ningsih, N. (2023). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV dalam Pembelajaran Matematika Materi FPB dan KPK dengan Metode Ice Breaking. 4(10), 1028-1037.

Ermawati D, Rohmah, N. A, Riki, W. S, Nuzuulul. U, F. N. A. (2023). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD 1 Dersalam. JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN HUMANIORA, 1(1), 82-92

aiza, M. N., Maulida, A. Z., Khofifah, I. N. K., & Ermawati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Snowball Throwing Berbantu Media Papan Pembagian Pada Siswa Kelas IV. MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika, 8(2), 173-181

Fariana, A. N., Nahli, N. M., Herdiawal, H., Fuadi, A., & Nurjannah, N. (2022). Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Fpb & Kpk Kelas V Sd Negeri. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 7(2), 1-7

Febiyanti, D., Wibawa, I. M. C., & Arini, N. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Mind Mapping Berpengaruh terhadap Keterampilan Berbicara. Mimbar Ilmu, 25(2), 121

Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 241

Ismayani, L. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bangun Ruang Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Current Neurology and Neuroscience Reports, 1(1), iii-vii.

Juwaeriah, S., Muhyani, M., & Ikhtiono, G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Attadib: Journal of Elementary Education, 1(2), 78

Kusnianti, T. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Pecahan Dengan Kartu Bilangan Siswa Kelas Vi Sdn 3 Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(29), 52-64

Maharani, I. D., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2024). Analisis Penyebab Kesalahan yang Biasa Terjadi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bilangan Bulat. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 483-494

Muslimah, M. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas 5 pada Materi FPB dan KPK melalui Metode Learning Tournament. Skripsi.

Nurhikmayati, I. (2019). Kesulitan berpikir abstrak matematika siswa dalam pembelajaran problem posing berkelompok [Difficulties in students’ abstract mathematical thinking in group problem posing learning]. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159.

Pangestu, A., & Sutirna. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran. Maju, 8(1), 118-125.

Resmi, N. W. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Education Action Research, 6(4), 546-551

Setyaningrum, Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Dalam Memahami Konsep Pecahan Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Sidomulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2548-6950.

Slam, Z. (2021). Metode Penelitian Tindakan Kelas (Dilengkapi. 42.

Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show and Tell Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II di SD Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2. Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(1), 5.

Sujarwo, T. N., Ismaya, E. A., & Ermawati, D. (2023). Penerapan Model Jigsaw Berbantuan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Sidomulyo 1. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 3203-3209. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8596/3302

Suntari, S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika di Rumah Selama Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 508. https://doi.org/10.20961/shes.v3i4.53392

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Hanifah, N. ., Ramadhan, M. G. ., & Ermawati, D. . (2024). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Siswa Kelas V Melalui Model Jigsaw Berbantuan Media Papan Multifungsi. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 200–212. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4450

Issue

Section

Artikel