Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa
Keywords:
Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subjek penelitiannya adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan. Adapun pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklusnya mengikuti prosedur 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana pada prasiklus diperoleh ketuntasan 16,7%, pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 40,0%, dan pada siklus II diperoleh ketuntasan sebesar 80,0%. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari 4 indikator. Pada aspek memahami masalah diperoleh skor 50,08 pada siklus I dan skor 86,1 pada siklus II. Pada aspek membuat rencana diperoleh skor 35 pada siklus I dan skor 61,9 pada siklus II. Pada aspek melakukan rencana diperoleh skor 52,8 pada siklus I dan skor 73 pada siklus II. Pada aspek memeriksa kembali dan membuat kesimpulan diperoleh skor 27,5 pada siklus I dan 68,1 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswaReferences
Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76. https://ojs3.unpatti.ac.id/index._php/jpmu%0A.
Hidayati, E. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Karya Ilmiah Multidisiplin (JURKIM), 2(1), 24-35. https://doi.org/10.31849/jurkim.v2i1.9204.
Madawiah. (2008). Model-Model Pembelajaran (Diktat Kuliah). Naskah, UIN Bandung: Tidak Diterbitkan.
Napitupulu, Elvis E., Suryadi, D., & Kusumah, Y. S. (2016). Cultivating upper secondary students’ mathematical reasoning ability and attitude towards mathematics through problem-based learning. Journal on Mathematics Education, 7(2), 117-128, https://doi.org/10.22342/jme.7.2.3542.117-128.
Pandiangan, L. W. H., & Edy., S. (2020). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Santa Maria Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1), 1-13.
Silviana, D. & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Expand-Review dan Discovery Learning. Plusminus Jurnal Pendidikan Matematika: 1(2):291-302.
Wiyoko, T., Avana N., & Muhammadiyah Muara Bungo, S. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Kelas III Sekolah Dasar. 13(1). https://jp.ejournal.unri.ac.id/index-php/JP/index.