Penerapan Model Contextual Teaching and Earning Berbantuan E-LKPD Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binjai

Authors

  • Imelda FKIP Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Teddy Soemantry PPG Calon Guru Unika Santo Thomas
  • Diana Sari Hasibuan PPG Calon Guru Unika Santo Thomas
  • Fadlan Alkhairi PPG Calon Guru Unika Santo Thomas
  • Salsabila Karina Manik PPG Calon Guru Unika Santo Thomas

Keywords:

Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, E-LKPD, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan e-LKPD sebagai bantuan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 tindakan, dimana setiap tindakan terdiri dari 2 kali pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan e-LKPD. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dapat diamati dari data rata- rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 42,39 yang dikategorikan sebagai sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 66,25 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 85 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan dukungan e-LKPD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Binjai.

References

Aini, I. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konteksual. Prenada Media.

Amaludin, I., & Jazuli, L.A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Melalui Pendekatan Contextual teaching and learning pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. Vols.2. No.3. 29-44

Apertha, F., Zulkardi, & Muhamad. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open- Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Vol 12 No 2

Apriani, Y., & Alexon, A. (2022). Penerapan Contextual teaching and learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 19-30

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.dik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 19-30.

Dhayanti, D., Johar, R., & Zubainur, C. M. (2018). Improving Students’s Critical and Creative Thinking through Realistic Mathematics Education Using Geometer’s Sketchpad. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(1), 25-35.

Fachrurazi, (2011), Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung

Gradini, E. (2019). Menilik konsep kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills) dalam pembelajaran matematika. Berhitung , 6 (2), 189-203

Husna, H., Herizal, H., & Wulandari, W. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Contextual teaching and learning (CTL) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII MTSs Syamsuddhuha Aceh Utara. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 2(1), 191-200.

Istarani,dkk. 2014. 50 Tipe Pembelajaran kooperatif. Medan : Media Persada.

Izzati, N. (2009, December). Berpikir Kreatif dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Mengembangkannya Pada Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Bandung (Vol. 19, pp. 49-60).

Karim, K., & Normaya, N. (2015). Kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Jucama di sekolah menengah pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Khotimah, S. K., Yasa, A. D., & Nita, C. I. R. (2020, November). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kelas V SD. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 4, No. 1, pp. 401-408).

Lai, E. R. (2011). Critical thinking: A literature review. Pearson's Research Reports, 6(1), 40-41.

Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, 28(2): 136-142.

Lestari, D. D., & Muchlis, M. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual teaching and learning Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1), 25-33.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Prees Sani.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah persamaan kuadrat pada pembelajaran model creative problem solving. Kadikma , 7 (1), 84-93.

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86-96

Khaliq, I., Azzahra, A., Safitri, A., & Muthmainnah, R. N. (2017). Upaya Meningkatkan Daya Berpikir Kritis Matematis Siswa dengan Menggunakan Metode Socrates Kontekstual. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 23-30

Putriyana, AW, Auliandari, L., & Kholillah, K. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Materi Praktikum Fungi: (Kelayakan Lembar Kerja Siswa Berdasarkan Model Instruksional Search, Solve, Create dan Share pada Materi Praktikum Jamur). BIODIK , 6 (2), 106-117.

Rofiq, N., Rafiq, A., & Wardani, MA (2020). Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam , 3 (2), 98-105.

Rosmala, A. (2021). Model-model pembelajaran matematika. Bumi Aksara.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Saputra, A. N. (2019). Profil Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Dengan Motivasi Belajar Sedang Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 131-138.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran matematika berbasis pengajuan dan pemecahan masalah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Surip, M. (2017). Berpikir Kritis Analisis Kajian Filsafat Ilmu. Jakarta: Halaman Moeka

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10-16.

Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pertumbuhan Dan Perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.

Zakiyah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pemebelajaran. Anggota IKAPI: Erzatama Karya Abadi

Downloads

Published

2024-12-26

How to Cite

Imelda, I., Soemantry, T. ., Hasibuan, D. S. ., Alkhairi, F. ., & Manik, S. K. . (2024). Penerapan Model Contextual Teaching and Earning Berbantuan E-LKPD Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binjai. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 252–261. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4453

Issue

Section

Artikel