Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Authors

  • Cicilia Afriani Universitas PGRI Pontianak
  • Dwi Oktaviana Universitas PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi Universitas PGRI Pontianak

Keywords:

Kemampuan Spasial, Gaya Belajar, Bangun Ruang Sisi Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan spasial matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar pada siswa kelas IX SMP Negeri 17 Pontianak ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri Pontianak. Instrumen pada penelitian yaitu soal tes kemampuan spasial, angket gaya belajar, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan Kemampuan spasial siswa bervariasi berdasarkan gaya belajar. Pada gaya belajar visual, siswa dengan kemampuan spasial tinggi memenuhi 3 indikator, sementara yang sedang dan rendah hanya memenuhi 1 indikator. Gaya belajar auditorial menunjukkan hasil serupa, dengan siswa tinggi memenuhi 3 indikator, sedang 2 indikator, dan rendah 1 indikator. Pada gaya kinestetik, siswa dengan kemampuan spasial sedang memenuhi 2 indikator, sementara yang rendah hanya 1 indikator. Penilaian ini mencerminkan perbedaan pemahaman spasial pada setiap gaya belajar.

References

Ahmad. (2020). Gaya Belajar Siswa SMP. Bandung: Cakra.

Annizar, A. M. R., Maulyda, M. A., Khairunnisa, G. F., & Hijriani, L. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal PISA pada topik geometri. Jurnal Elemen, 6(1), 39-55.

Cahyani, I. S. (2016). Pentingnya mengenali gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Negeri Malang, 1-9.

Oktaviana, D. (2017). Analisis tipe kesalahan berdasarkan teori newman dalam menyelesaikan soal cerita pada mata kuliah matematika diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 5(2), 22-32.

Leni, N. et al. (2021) ‘Profil Kemampuan Penalaran Spasial Siswa SMPN 1 Padangpanjang pada Masalah Geometri’, JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), p. 111.

Mardhatillah, P. S., Fauzi, K. A., & Saragih, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Menggunakan Model Thinking Aloud Pair Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial dan Resiliensi Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1166-1183.

Mursid, R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Konstruktivistik dan Kemampuan Spatial Visualization Terhadap Kompetensi Menggambar Proyeksi Orthogonal. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 215-229.

Muzayaroh, Auliyana. (2023). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 18 Semarang Ditinjau Dari Gaya Belajar. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Negara, H. S., Nurlova, F., & Hidayati, A. U. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar peserta didik di sekolah dasar. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 83-90.

OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume I): What Student Know And Can Do. Paris: OECD Publishing.

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163-177.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Supit, D., Melianti, M., Lasut, E. M. M., & Tumbel, N. J. (2023). Gaya belajar visual, auditori, kinestetik terhadap hasil belajar siswa. Journal on Education, 5(3), 6994-7003.

Variska, V. E., Fatqurhohman, F., & Suryaningrum, C. W. (2024). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual Dalam Menyelesaikan Masalah Segitiga. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 128-137.

Zulkarnain, Lidia. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Siswa Pada Materi pandemic Covid-19 Di MTsM Simpang Tiga. Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Afriani, C. ., Oktaviana, D. ., & Haryadi, R. . (2025). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4534

Issue

Section

Artikel