Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills Ditinjau dari Gender
Keywords:
Kesalahan, HOTS, GenderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS level kognitif analisis (C4) dan eval_uasi (C5) ditinjau dari gender. Penelitian dilakukan pada 4 siswa kelas VIII-K SMPN 3 Tasikmalaya dengan metode deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek menggunakan teknik purposive dan pengumpulan data dilakukan melalui soal tes, angket, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pada level kognitif analisis (C4) kesalahan siswa dengan gender undifferentiated tidak menulis informasi, salah menginterpretasikan masalah, salah perhitungan, tidak memeriksa kembali hasil, dan tidak menyelesaikan soal. Siswa androgynous kurang lengkap dan tepat dalam penulisan informasi, perhitungan, dan tidak memeriksa kembali hasil. Siswa masculine kurang lengkap dan tepat dalam menulis informasi, salah hitung, tidak memeriksa kembali hasil, dan tidak menyelesaikan soal. Sementara siswa feminine kurang lengkap dan tepat dalam menulis informasi, tidak memeriksa kembali hasil, dan tidak menyelesaikan soal. Kesalahan pada soal eval_uasi (C5), siswa undifferentiated dan feminine tidak lengkap dalam menulis informasi, salah perhitungan, tidak memeriksa kembali hasil, dan tidak menyelesaikan soal. Kesalahan siswa androgynous tidak menulis informasi, salah menginterpretasikan masalah, salah hitung, tidak memeriksa kembali hasil, dan tidak menyelesaikan soal, sedangkan siswa masculine mengalami kesalahan dalam menulis informasi, perhitungan, tidak memeriksa kembali hasil, dan tidak menyelesaikan soal.References
Afandi & Sajidan. (2018). Stimulasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Surakarta: Penerbit dan Percetakan UNS. (K. Saddono & M. Rohmadi (eds.); 1st ed., Issue May).
Anderson, L. ., & Krathwohl, D. R. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. In Sustainability (Switzerland) (1st ed., Vol. 11, Issue 1). Pustaka Pelajar.
Ayunengdyah, N., Khabibah, S., & Saraswati, S. (2020). Analisis Kesalahan Dalam Memecahkan Masalah Fungsi Kuadrat Berdasarkan Langkah Polya. MEGA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 120-128. https://doi.org/10.59098/mega.v1i2.257
Azizah, I., Sutopo, & Asyuna, D. R. (2022). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Hots Materi Perbandingan Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar dan Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 6(6), 222-235. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v6i6.67339
Bem, S. L. (1974). The measurement of psychological androgyny. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 42(2), 155–162. https://doi.org/10.1037/h0036215
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33-54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Ginting, D. Y., & Asmin. (2024). Analisis Kesalahan Siswa Tingkat Sekolah Menengah Pertama Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Pemecahan Masalah Polya. MathEducation Nusantara, 7(2), 70-75. https://jurnal.pascaumnaw.ac.id/index.php/JMN
Suciati, I., & Sartika, N. (2023). Students’ Errors Analysis in Solving Mathematics Problems Viewed from Various Perspectives. 12 Waiheru, 9(2), 149-158. https://doi.org/10.47655/12waiheru.v9i2.145
Suharti, S., Nur, F., & Alim, B. (2021). Polya Steps for Analyzing Errors in Mathematical Problem Solving. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 741-748. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.570
Sundayana, R., & Parani, C. E. (2023). Analyzing Students’ Errors in Solving Trigonometric Problems Using Newman’s Procedure Based on Students’ Cognitive Style. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 135-144. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v12i1.762
Wagola, N. H., & Mataheru, W. (2023). Kemampuan Analisis Peserta Didik Mts Negeri 1 Maluku Tenggara Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 5(1), 20-30. https://doi.org/10.30598/jumadikavol5iss1year2023page20-30
Windayanti, P., Khabibah, S., & Rahadjeng, B. (2023). Proses Siswa SMP Feminin dan Maskulin dalam Memahami Bentuk Aljabar. Edukasia (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran), 4(2), 1073-1080. https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.394