IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

Authors

  • Dewi Sartika Hasibuan Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.792

Keywords:

Microsoft Excel, berpikir kreatif.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran matematika berbantuan Micorosft Excel dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data diperoleh dengan melakukan tes dan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMP Trisakti 1 Medan sebanyak 32 siswa. Penelitian ini berupaya untuk memperbaiki pola pembelajaran dengan mengimplementasikan pembelajaran matematika berbantuan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan berpikir kreatif pada pembelajaran statistika data tunggal setelah mereka diberikan perlakuan pembelajaran dengan berbantuan microsoft excel.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto. 2013. Dasar-dasar evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Himmi, dkk. 2018. Pengembangan Modul Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel berbasis Geogebra Terhadap Kemampuan Visual Thinking Matematis Siswa Kelas X (43).

Masyarah. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui ModelProblem Based Learning Berbantuan Ms.Excel Di Kelas XI Asy-Syafi’iyah Internasional Medan. VI(2). Hal. 33.

Moma. 2015. Pengembangan Instrumen Kemampuan Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. Delt-Pi : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 4(1). Hal. 32-33.

Mulyatiningsih. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Nisak, Khairun. 2016. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di SMPN Indra Jaya Sigli. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh.

Nuraini, Siti. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Model Reciprocal Teaching di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pekanbaru. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru.

Nurjamil, dkk. 2015. Penerapan Pendekatan Open-Ended Berbantuan Microsoft Excel Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika Vol.1, No.1(11).

Oktaria, dkk. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Apos Berbantuan Microsoft Excel Pada Pokok Bahasan Program Linier di SMK. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA Vol.2, No.2(233).

Putra, dkk.2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP Cimahi. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol. 9, No.1(49).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2014. Penelitian Tidak Kelas. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Setiawan, R. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Yogyakarta: Nuha Medika.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulim 2013. Yogyakarta: AR – Ruzz Media.

Silviani, dkk. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Dedaktik Matematika Vol. 5, No.1(37-38).

Slameto. 2017. Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Somakim, 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 7, No.2(1).

Soemarmo, Utari. 2014. Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suhandri. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended.Gamatika Vol. III, No. 2(142).

Supriadi, Atang. 2017.Matematika 2 Untuk SMP/MTs Kelas VIII. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyuningsih. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Pembelajaran Piohon Matematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Skripsi. Tidak diterbitkan. Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Negeri Malang.

Wiguna & Damayanti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPS di SDN Ngadirejo Kota Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 3(2). Hal. 177.

Published

2020-07-06

How to Cite

Hasibuan, D. S. (2020). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN MICROSOFT EXCEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 24–43. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.792

Issue

Section

Artikel