PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CASTLE MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Lasmi Lumban Siantar Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.797

Keywords:

PPBL, kemampuan komunikasi matematika, castle math.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa berbantuan aplikasi castle math dengan penerapan model Problem Based Learning pada materi kubus dan balok kelas VIII. Manfaat pada penelitian ini ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan serta sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian ini, menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur  penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan observasi siswa dan kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kemampuan komunikasi siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan aplikasi castle math dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa pada mata pelajaran matematika materi kubus dan balok. Dari nilai rata-rata kemampuan awal 65,10 dan nilai rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada siklus I, 66,53 dan rata-rata kemampuan komunikasi matematika pada siklus II, 75,21 serta nilai rata – rata aktivitas guru dan siswa pada siklus I 72,7% dan 76,3% dan siklus II ialah 76,3% dan 78,1%

References

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Penerbit Rineka Cipta: Jakarta.

{2] Arikunto, Suharsimin. 2013. Dasar–Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arends, R.I. 2008. Learning To Teach: Belajar Untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Armiati. 2011. Self Efficacy Matematis dan Pembelajaran Berbasis Masalah Kumpulan Artikel Seminar Nasional Matematika. Hal 1-8.

Barqilatief, Mujasir, dkk. 2017. Pengembangan Mobile Learning Aplikasi Castle Math Berbasis Sitem Operasi Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tingkat SMP/MTs. Jurnal. Vol 2.

Ibrahim, Muslimin dan Nur. 2010. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA

Jakni. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Jihad, Asep & Abdul Haris 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

NCTM. 2000. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston: National Council of Teacher of Mathematics. NC.

NCTM. 2002. Principle And Standards For Schools Mathematics. RESTO. VA.

Ramadhoni, E.M.C. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Matematika Knisley (MPMK) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Respon Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika. Hal. 570-579.

Rusman. 2017. Model-Model Pembelajaran Mengembangakan Profesionalisme Guru Edisi Dua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Sudjana, Nana. 2016. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.

Sugiatno dan Rif’at. 2009. Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru melalui Perkuliahan Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Transactional Reading Strategy. Pontianak: Universitas Tanjung Pura.

Sukino, Wilson Simangunsong: 1994, Matematika Untuk SMP Kelas VIII SLTP Jilid 2, Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kaulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhaedi, D. 2012. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistis. Prosiding. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Rengga Rosda Karya.

Susanti, Suci. 2016. Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Skripsi.

Soemarmo, Utari. 2014. Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Tim PLPG. 2008. Kriteria dan Indikator Keberhasilan Pembelajaran. (https://anzdo.com/kriteriadanindikatorkeberhasilanpembelajaran.

Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif -Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2020-07-06

How to Cite

Lumban Siantar, L. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI CASTLE MATH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA. Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 101–113. https://doi.org/10.54367/cartesius.v3i1.797

Issue

Section

Artikel