Cartesius : Jurnal Pendidikan Matematika https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS <p>Jurnal Cartesius merupakan wadah informasi yang berisi artikel ilmiah penelitian, studi literatur, gagasan, aplikasi teori, kajian analisis kritis, dan penelitian lainnya di bidang matematika dan pendidikan matematika. Jurnal Cartesius diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Januari-Juni dan Agustus hingga Desember, yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Katolik Santo Thomas Medan</p> en-US jurnal.cartesius@gmail.com (Sinta Dameria Simanjuntak) ribka_sembiring@ust.ac.id (Ribka Khairani Sembiring) Kam, 26 Des 2024 09:16:08 +0100 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Computational Thinking Siswa Kelas X SMKN 4 Medan https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4447 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah merancang <em>e-modul</em> berbasis <em>Problem Based Learning</em> yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan <em>Computational Thinking</em> siswa. Instrumen penelitiannya: lembar validasi modul ajar, pengamatan aktivitas siswa terhadap <em>e-modul</em>, <em>e-modul</em> oleh ahli materi, <em>e-modul </em>oleh ahli media, dan tes <em>Computational Thinking</em> siswa. Setelah seluruh instrumen divalidasi dan dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan. Berdasarkan temuan penelitian, (1) Perangkat pembelajaran memiliki validitas 94,94% untuk modul ajar, validitas <em>e-modul</em> 95,57% untuk ahli materi, dan 94,79% untuk ahli media, kategori sangat valid, (2) Kepraktisan <em>e-modul </em>dikategorikan sangat praktis sebesar 92,31%, (3) <em>E-modul</em> yang dikembangkan efektif yaitu: (a) Tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji lapangan sebesar 96,15%, (b) Tercapainya indikator tujuan pembelajaran dengan rerata 85,26, (c) Terjadi peningkatan nilai <em>Computational Thinking</em> siswa dengan rata-rata 45,52. Melalui uji Gain menunjukkan bahwa <em>Computational Thinking</em> siswa meningkat sebesar 0,77 dalam kategori tinggi.</p> Yusril R. Sihotang, Erlinawaty Simanjuntak Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4447 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Dan STAD Berbantuan Autograph di SMP N 2 Deli Tua https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4448 <p>:Penelitian ditujukan untuk memperoleh informasi keberbedaan kemampuan pemecahan masalah pada model TPS dan STAD yang berbantukan Autograph dalam penerapannya serta menilai tuntas klasikal pada kedua kelas dengan model yang digunakan. Penelitian didesain dengan <em>two group design</em> dengan subjek sampel siswa kelas IX-5 dan IX-7 SMP N 2 Deli Tua dengan jumlah 62 siswa. Data diperoleh dinyatakan normal dan homogen yang memberikan perlakuan prasyarat dalam uji hipotesis (uji t). Hasil diperoleh dengan kriteria uji. Sehingga, memberikan kesimpulan penolakan &nbsp;yang artinya adanya keterbedaan model pembelajaran TPS dan STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mencakup materi Transformasi Geometri di SMP Negeri 2 Deli Tua tahun ajaran 2023/2024.</p> Syuza Arifino, Hasratuddin Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4448 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah dengan Bantuan Adobe Flash CS6 Profesional untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas XI SMA https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4449 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika yang valid, praktis, dan efektif, sekaligus untuk mengeval_uasi peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan bahan ajar tersebut. Instrumen penelitian melibatkan lembar validasi materi dan media bahan ajar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), angket respon siswa dan guru, serta <em>pretest</em> dan <em>posttest</em>. Subjek penelitian terdiri dari 40 siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 14 Medan. Temuan penelitian meliputi: (1) Proses pengembangan buku digital yang valid, praktis, dan efektif dilakukan dengan metode 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Langkah-langkah ini dimulai dari analisis karakteristik dan kebutuhan, kemudian solusi dirumuskan, dilanjutkan dengan perancangan dan pembuatan bahan ajar berbasis masalah menggunakan <em>Adobe Flash CS6</em><em> Profesional</em>, dan tahap validasi oleh 3 ahli materi dan 3 ahli media. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan memiliki kualitas yang valid, praktis, dan efektif. (2) Terdapat peningkatan signifikan pada kemampuan penalaran matematika siswa pada setiap indikator, dengan nilai N-gain rata-rata siswa sebesar 0,736, menandakan peningkatan tingkat tinggi</p> Richard Patrosza Sinaga, Marojahan Panjaitan Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4449 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Siswa Kelas V Melalui Model Jigsaw Berbantuan Media Papan Multifungsi https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4450 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas V SD 3 Gulang melalui model pembelajaran kooperatif<em> tipe Jigsaw</em>, berbantuan media intraktif papan multifungsi. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pada siklus I siswa yang mendapatkan nilai diatas KKTP terdapat 7 siswa 58,33%. Kemudian siswa yang mendaptklan nilai dibawah KKTP terdapat 5 siswa 41,66%. Sedangkan pada siklus II bahwa siswa yang mendapatkan nilai diatas KKTP terdapat 11 siswa 91,67 %. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKTP terdapat 1 siswa 8,33%. Jadi siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 12%. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif<em> tipe Jigsaw</em> dengan berbantuan media papan multifungsi terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pada pembelajaran matematika materi KPK dan FPB kepada siswa kelas V SD 3 Gulang</p> Nur Hanifah, Muhammad Gilang Ramadhan, Diana Ermawati Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4450 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Pemodelan Matematika dalam Efisiensi Pengisian Ulang Stok Bahan Bakar di SPBU Cikurubuk https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4297 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kapan waktu yang tepat untuk melakukan pengisian ulang bahan bakar, khususnya pada bahan bakar jenis pertalite, pertamax, dan solar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh secara langsung melalui wawancara dengan pengelola/karyawan SPBU. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang diterapkan mencakup analisis deskriptif kualitatif yang dikombinasikan dengan metode persamaan linear. Berdasarkan hasil observasi, dapat disimpulkan bahwa waltu ideal untuk pengisian ulang bahan bakar di SPBU adalah sebagai berikut: bahan bakar jenis pertalite sebaiknya diisi ulang setiap 4 hari sekali, bahan bakar jenis pertamax setiap 5 hari sekali, dan bahan bakar jenis solar setiap 4 hari sekali.</p> Salma Melinda, Sofi Novita, Ulya Wildati Rafiqoh, Sopariah, Depi Ardian Nugraha Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4297 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Prediksi Transaksi Judi Online di Indonesia Tahun 2045: Analisis Matematis dan Dampaknya Terhadap Ekonomi Nasional https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4362 <p>Penelitian ini membahas pertumbuhan transaksi judi online di Indonesia yang terus meningkat secara signifikan dari tahun 2017 hingga tahun 2023 dan dampaknya terhadap perekonomian nasional. Berdasarkan data historis, nilai transaksi judi online di Indonesia pada tahun 2017 mencapai Rp 2 triliun dan tahun 2023 telah mencapai Rp 327 triliun. Hal ini berarti telah terjadi peningkatan yang sangat tajam dari tahun 2017. Penelitian ini menggunakan model matematis eksponensial dan deret geometrik untuk memprediksi nilai transaksi di tahun 2045. Penelitian ini memprediksi bahwa nilai transaksi judi online dapat mencapai Rp. 216 kuintiliun pada tahun 2045 dengan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 84,87%. Bertambahnya nilai transaksi judi online ini dapat berdampak serius terhadap ekonomi nasional, seperti kebocoran devisa dan melemahnya konsumsi rumah tangga. Analisis menunjukkan bahwa pertumbuhan transaksi judi online yang tidak terkendali berisiko menciptakan krisis ekonomi di masa depan. Penelitian ini menyoroti kebutuhan mendesak akan kebijakan strategis untuk membatasi perkembangan judi online serta menilai dampaknya terhadap stabilitas ekonomi jangka panjang.</p> <p>&nbsp;</p> Salwa Tabina, Siti Nurleni, Mustika Dwi Danirat, Depi Ardian Nugraha Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4362 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Analisis Pembelajaran Matematika Berbasis Project Based Learning Dengan Tema Miniatur Sasambo Pada Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4429 <p style="font-weight: 400;"><strong> </strong>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model <em>Project-Based Learning</em> (PjBL) berbasis tema Miniatur Sasambo terhadap minat belajar dan pemahaman konsep matematis mahasiswa calon guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Proses pembelajaran mencakup perencanaan proyek, pengukuran, pembuatan miniatur, serta refleksi dan presentasi hasil.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL dengan tema Miniatur Sasambo meningkatkan minat belajar mahasiswa, yang terlihat dari antusiasme dan keterlibatan aktif selama pembelajaran. Selain itu, pemahaman matematis mahasiswa juga meningkat, dibuktikan dengan perbedaan skor pre-test dan post-test, dari rata-rata 68 menjadi 83. Proyek ini memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan konsep matematika seperti pengukuran, geometri, skala, dan simetri dalam konteks nyata.Secara keseluruhan, pembelajaran berbasis proyek dengan tema Miniatur Sasambo memberikan pengalaman belajar yang interaktif, kontekstual, dan bermakna, sehingga efektif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman konsep matematis mahasiswa.</p> <p style="font-weight: 400;"><strong>Abstract. </strong>This study aims to analyze the effect of the application of the Project-Based Learning Model (PJBL) based on the theme of Miniature Sasambo on the interest of learning and understanding the mathematical concepts of elementary school students. The research method used is qualitative with data collection techniques in the form of observations, interviews, documentation, and tests. The learning process includes project planning, measurement, miniature, and reflection and results of results. The research results show that the application of PJBL with the theme of Miniature Sasambo increases student interest in learning, which is seen from the enthusiasm and active involvement during learning. In addition, students' mathematical understanding also increased, as evidenced by differences in pre-test and post-test scores, from an average of 68 to 83. This project allows students to apply mathematical concepts such as measurement, geometry, scale, and symmetry in a real context. Overall, project -based learning with the theme of Miniature Sasambo provides an interactive, contextual, and meaningful learning experience, so that it is effective in increasing motivation and understanding of students' mathematical concepts.</p> Baiq Yuni Wahyuningsih, Hikmah Ramdhani Putri Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4429 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Penerapan Distribusi Poison pada Kasus Penggunaan Strapless di Bidang UMKM https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4368 <p>Penelitian ini membahas analisis penerapan distribusi poisson terhadap efisiensi penggunaan staples pada kemasa dodol di UMKM Dodol Karmina, Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Metode probabilitas distribusi poisson digunakan untuk memprediksi kemungkinan kebutuhan staples dan probabilitas kejadian. Hasil dari studi ini mengatakan bahwa rata-rata kebutuhan staples dalam periode waktu produksi satu hari adalah 1040 pcs, dengan probabilitas kejadian gagal berkisar antara 22,31% hingga 33,47% pada berbagai tingkat kegagalan. Hal ini menunjukkan penggunaan staples dapat dicapai dengan optimalisasi stok dan pengelolaan kualitas proses produksi. Model ini memberikan kontribusi dalam perencanaan persediaan dan strategi pengurangan kegagalan dalam proses pengemasan</p> <p><strong> </strong></p> Rifa Maulia Sadiah, Wiwin Windani, Zahra Bariatul, Galuh Tri Nugraheni, Depi Ardian Nugraha Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4368 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Pengaruh Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4452 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah diterapkannya model <em>Problem Based Learning</em>. Metode penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dimana subjek penelitiannya adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 30 Medan. Adapun pembelajaran dilaksanakan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklusnya mengikuti prosedur 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dimana pada prasiklus diperoleh ketuntasan 16,7%, pada siklus I diperoleh ketuntasan sebesar 40,0%, dan pada siklus II diperoleh ketuntasan sebesar 80,0%. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari 4 indikator. Pada aspek memahami masalah diperoleh skor 50,08 pada siklus I dan skor 86,1 pada siklus II. Pada aspek membuat rencana diperoleh skor 35 pada siklus I dan skor 61,9 pada siklus II. Pada aspek melakukan rencana diperoleh skor 52,8 pada siklus I dan skor 73 pada siklus II. Pada aspek memeriksa kembali dan membuat kesimpulan diperoleh skor 27,5 pada siklus I dan 68,1 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model <em>Problem Based Learning </em>dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa</p> Ribka Kariani Br Sembiring, Herlan D Tampubolon, Nenti Silitonga, Yossie Br Tarigan, Aulia Naipospos Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4452 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100 Penerapan Model Contextual Teaching and Earning Berbantuan E-LKPD Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMPN 4 Binjai https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4453 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Binjai pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan e-LKPD sebagai bantuan dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini merupakan peserta didik kelas VIII berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini ialah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 tindakan, dimana setiap tindakan terdiri dari 2 kali pertemuan dalam pembelajaran dan 1 pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan mengukur respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kritis meningkat setelah dilaksanakannya pembelajaran model contextual teaching and learning (CTL) berbantuan e-LKPD. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dapat diamati dari data rata- rata peserta didik sebelum diberikan tindakan, yaitu sebesar 42,39 yang dikategorikan sebagai sangat rendah, dengan ketuntasan klasikal mencapai 0%. Namun, setelah diberikan tindakan pertama, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 66,25 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada tindakan kedua, terjadi peningkatan lebih lanjut hingga mencapai rata-rata 85 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan dukungan e-LKPD mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Binjai.</p> Imelda, Teddy Soemantry, Diana Sari Hasibuan, Fadlan Alkhairi, Salsabila Karina Manik Copyright (c) 2024 https://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/4453 Kam, 26 Des 2024 00:00:00 +0100