Diskusi Proses Penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Koperasi Simpan Pinjam (Credit Union) Bintang Samudera , Paroki Sakramen Mahakudus , Kisaran

Authors

  • Antonius M. Purba Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Betniar Purba Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.54367/devotionis.v1i1.2090

Keywords:

Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Credit Union (CU).

Abstract

Pasal 33, ayat (1) UUD 1945 menegaskan bahwa “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.” Makna yang terkandung dalam ayat tersebut sangat dalam, yakni sistem ekonomi yang dikembangkan seharusnya tidak basis persaingan serta atas asas yang sangat individualistik, tetapi berdasarkan kebersamaan. Lembaga ekonomi yang sesuai dengan amanat pasal 33, ayat 1 UUD 1945 adalah koperasi, yang salah satunya adalah Koperasi Simpan Pinjam (KSP) atau Credit Union (CU). Masyarakat hanya dapat memahami kelembagaan ekonomi ini secara utuh adalah dengan memahami Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KSP atau CU. Hal ini hanya akan terjadi bila dilaksanakan sosialisasi dan diskusi tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KSP atau CU. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KSP atau CU ini merupakan dasar dari tata kelola KSP atau CU yang sehat, sehingga keberlangsungannya menjadi terjamin.

Author Biography

Antonius M. Purba, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Dosen

References

Franco Biffi, 1991, Ajaran Sosial Paus Yohanes Paulus II, (Disadur Y. M. Soebijanta, dan dikoreksi Y. B. Sudarmanto), Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik.

https://www.google.com/search?q, UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA, NOMOR 25 TAHUN 1992, TENTANG PERKOPERASIAN

http://www.scribd.com/doc/53794230/Buku-Sop-Ksp-Usp-Penting-Dan-Bagus, Surat Keputusan Keputusan Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah No. 351/KEP/M/XII/1998 Tentang Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi.

http://www.scribd.com/doc/53794230/Buku-Sop-Ksp-Usp-Penting-Dan-Bagus, Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 1995, Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi

Suryana, 2006, Kewirausahaan, Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat

Downloads

Published

2022-07-26

Issue

Section

Articles