Upaya Peningkatan Perekonomian dengan Memanfaatkan Potensi Masyarakat di Era Digital pada Desa Narumonda IV

Authors

  • Lamtiur Lidia Gultom FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Mei Veronika Sri Endang Siagian FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Ayu Teresia Hutauruk FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Riko Fridolend Sianturi FEB, Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

Peningkatan perekonomian masyarakat, strategi, pemasaran digital

Abstract

Era digital menawarkan peluang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan perekonomian melalui teknologi informasi dan komunikasi. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan membantu masyarakat Desa Narumonda IV dalam mengoptimalkan potensi lokal, seperti dalam memahami dan mengoptimalkan potensi lokal mereka melalui pemanfaatan platform digital sebagai sarana untuk meningkatkan pendapatan, dengan memanfaatkan platform digital untuk peningkatan pendapatan. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, pendampingan, dan pengembangan strategi pemasaran digital melalui media sosial, marketplace, dan aplikasi berbasis teknologi. Hasilnya, peserta berhasil meningkatkan pemahaman dan penerapan strategi pemasaran digital, yang berdampak pada peningkatan penjualan dan pengenalan merek lokal. Program ini juga memperkuat sinergi antara masyarakat, pemerintah desa, dan akademisi dalam menciptakan ekosistem ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan

References

Chakti, A., G. 2019. The Book of Digital Marketing. Jakarta: Celebes Media Perkasa.

Dewi, Anita Sunelfiya. 2020. Pengaruh Kondisi Ekonomi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar. Banda Aceh.

Irawan, M. Suparmoko. 2002. Ekonomika Pembangunan. Yogyakarta: BPFE.

Downloads

Published

2025-02-04

Issue

Section

Articles