Pendampingan Kepada Mitra UMKM Melalui Pelatihan Teknis Memasarkan Tenun Ulos Melalui Digital Marketing di Kota Medan
Keywords:
pelatihan teknis, mitra UMKM, digital marketingAbstract
Dalam memasarkan tenun ulos melalui digital marketing diperlukan pelatihan teknis untuk mitra mitra UMKM, kerena mitra UMKM membutuhkan strategi untuk dapat bersaing khususnya di pasar global. Salah satu kunci produk mitra UMKM bisa di terima dan berkembang di masyarakat luas ialah dengan kemasan produk yang menarik dan memiliki standart keamanan yang bagus. Sebagian mitra UMKM di Indonesia sudah melakukan pergantian design kemasan menjadi lebih menarik dan kemasan yang higienis. Kemasan itu mempengaruhi nilai penjualan yang terus meningkat, salah satunya ada mitra UMKM yang mengganti desing kemasan mereka. Sehingga, omzet penjual, rata rata dapat naik sampai 74 persen dalam 3 bulan. Hal ini menjadi tujuan dilakukan pelatihan bagi mitra UMKM dalam memasarkan tenun ulos melalui digital marketing . Hasil penelitian menunjukkan kan selama pelatihan dalam memasarkan tenun ulos melalui digital marketing maka perlu mengembangkan dan meningkatkan jiwa kewirausahaan serta menggali potensi bisnis bagi mitra UMKM Di Kota Medan sehingga pada era digitalisasi saat ini dengan memanfaatkan TI dan penguasaan media elektronik untuk pengembangan usaha. Peningkatan produktivitas mitra UMKM dapat bersaing dalam perkembangan usaha saat ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi sebagai sarana promosi dan distribusi produk mitra UMKM melalui media digital sehingga dapat memberi kemudahan hubungan bertransaksi antara pedagang dan konsumen. Melalui Kegiatan ini diharapkan memberikan kemampuan mitra UMKM menggunakan dan memanfaatkan dari adanya Teknologi Informasi dalam pemasaran dan pengembangan usaha menuju mitra UMKM Berbasis Teknologi Informasi (e-bisnis) yang akan berdampak kepada peningkatan transaksi penjualan dan pendapatan.References
Abdi Laksana J. Pengabdi. Kpd. Masy., Vol. 3, No. 1, Pp. 178-182. [Online]. Available: Http://Openjournal.Unpam.Ac.Id/Index.Php/Jal/Article/View /17076.
Ade Resalawati, 2021. Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia, (Jurnal: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Aini. 2022. Pelatihan Perhitungan Harga Produksi Pokok Produksi Untuk Para Pelaku Mitra UMKM Di Kecamatan Baturaja Timur Oku. Junal Pengabdi. Kpd. Masy. Baturaja, Vol. 2, No. 2, Pp. 5-7.
Brina, M., & Siahaan, M. (2024). Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran bagi Pelaku UMKM di Kota Medan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4)
Fadli And Rizka Ramayanti. 2020. Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing (Studi Kasus Pada Ukm Digital Printing Prabu ). J. Akunt. Kaji. Ilm. Akunt., Vol. 7, No. 2, Pp. 148-161 Doi: 10.30656/Jak.V7i2.2211.
Fatma, 2021.Rumus Menentukan Harga Pokok Produksi Dan Contoh Perhitungannya. Https://Mamikos.Com/Info/Rumus-Menentukan-Harga-Pokok-Produksi-Dan-Contoh Perhitungannya-Pljr/.
Gede Bevi Libraeni Et Al. 2022. Pelatihan Penentuan Harga Pokok Penjualan Pada Toko Kue Dapur Friska,” Jurpikat (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), Vol. 3, No. 2, Pp. 255-265. Doi: 10.37339/ Jurpikat. V3i2.973.
Homan, D. Hamdani, And S. Willy. 2021. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi, Harga Jual Dan Strategi Pemasaran Bagi Perajin Tas Ransel Di Desa Sangkan Hurip Kabupaten Bandung. Dharma Bhakti Ekuitas, Vol. 5, No. 2, Pp. 529-534.Doi: 10.52250/P3m.V5i2.356.
Iswati, N. A. Brabo, R. Meidiyustiani, And E. Retnoningrum. 2021. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Mitra UMKM Di Kelurahan Majalengka Bandung,”
J. Pengapdian Masy., Vol. 4, No. 4, Pp. 86-90. [Online]. Available: Http://Dx.Doi.Org/10.36257/Apts. Vxixpp86-90.
Kholik, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran PT Elite Pro dalam Bisnis Properti Di Era Digital. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3).
Kramas And K. Tembalang. 2023. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Received : 09-12-2022 Revised : 15-12-2022 Accepted : 24-01-. J-Abdi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Permasalahan Mitra Identifikasi Masalah Penyuluhan Pelaku Mitra UMKM Mengerti Dan Memahami Mitra UMKM Bisa Menggunak,” Vol. 2, No. 9, Pp. 6485-6488.
Meldi Kesuma, Teuku. 2021. Memperkuat Branding Charming Banda Aceh Untuk Revisit Intantion. CharmingBanda Aceh Edisi Oktober 2021: Dispar KotaBanda Aceh.
Maulana, A. N., Ardiyansyah, A., & Zam, N. (2025). Eksplorasi Pemasaran Digital melalui Facebook oleh UMKM Perdesaan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3).
Meldi Kesuma, Teuku. 2021. Jurus Mempertahankan Kota Kreatif. Charming Banda Aceh Edisi November 2021: Dispar Kota Banda Aceh.
Meliza, Nurhayati, Rahmadani, And A. Akbar. 2022. “Pendampingan Digitalisasi Keuangan Untuk Penyusunan Harga Pokok Produksi Pelaku Usaha (Mitra) Pengrajin Tapai Singkong Dan Tapai Ketan Di Medan Tuntungan,” J. Pengabdi. Masy. Akad., Vol. 1, No. 1, Pp. 42-50 [Online]. Available: Https://Journal.Adpebi.Com/Index.Php/ Jpma/ Article/View/87.
Mulyani, B. Gunawan, And M. Nurkhamid. 2021. Pelatihan Perhitungan Harga Pokok Produksi Bagi Mitra UMKM Kabupaten Pati. J. Dharma Bhakti Ekuitas, Vol. 05, No. 02, Pp. 529-534,.
Nelfiyanti, W. Sudawrwati, M. Prasetywati, R. Mujiastuti, B. M. Putri, And M. Ridhwan. 2021. Pelatihan Dan Pendampingan Perhitungan Harga Pokok Penjualan Mitra UMKM Kuliner Di Daerah Penggilingan | Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj. Semin. Nas. Pengabdi. Masy. Lppm Umj, Pp.1-6 [Online]. Available:Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaskat/Article/View/10680.
Pascasuseno, Agus. 2014. Mitra UMKM: Kekuatan Baru Indonesia Menuju 2025. Bedah CetakBiru Mitra UMKM:Yogyakarta.
Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 142 Tahun 2018. Tentang Rencana Induk Pengembangan Mitra UMKM Nasional Tahun 2018-2025
Purwanto. 2020. Analisis Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Dalam Penetapan Harga Jual. J. Appl. Manag. Account., Vol. 4, No. 2, Pp. 248-253, Doi: 10.30871/Jama.V4i2.2402.
Tarigan, I., Sihotang, H. ., Subiantoro, N. ., & Harsono4, S. . (2024). Perilaku Penggunaan Iklan Facebook Terhadap Kinerja Bisnis Umkm Berbasis Digital. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 24(1), 82-96. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi/article/view/3486
Thionita. 2021. Pengertian Harga Pokok Penjualan (Hpp) Dan Cara Hitungnya.
Wahid, W. (2024). Strategi Pemasaran Usaha Melalui Digital Marketing. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1).
Yanti, D. Y., Nalawati, R. E., & Marcheta, N. (2025). Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Digital Marketing: Transformasi UMKM di Kota Depok. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2).