PEMENUHAN HAK KONSUMEN ATAS KENYAMANAN, KEAMANAN DAN KESELAMATAN PENUMPANG JASA ANGKUTAN KAPAL PENYEBERANGAN DI DANAU TOBA

Authors

  • Wira Pandi Putra Sinaga Fakultas Hukum Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Janus Sidabalok Fakultas Hukum Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Yohanes Suhardin Fakultas Hukum Universitas Katolik Santo Thomas Medan

Keywords:

hak konsumen, kenyamanan, keamanan dan keselamatan, penumpang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum yang dilakukan pengangkut sebagai penyedia jasa kepada penumpang sebagai konsumen dihubungkan dengan Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 61 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau serta untuk mengetahui peran Dinas Perhubungan tentang penyelenggaraan angkutan sungai dan danau. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan Kepala Dinas LLASDP Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir, nahkoda kapal, serta melalui pengamatan langsung di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk perlindungan hukum yang dilakukan pengangkut sesuai dengan peraturan Undang-Undang No.17 Tahun 2008 tentang Pelayaran, Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 61 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Angkutan Sungai dan Danau tidak atau belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari masih kurangnya perhatian pengangkut dalam memberikan arahaan atau pemanduan, serta informasi mengenai kondisi jaminan barang penumpang yang buruk dan tidak adanya pengadaan tiket yang disediakan bagi penumpang, walaupun adanya pengadaan manifest, penumpang masih merasa tidak puas, karena adanya rasa tidak percaya terhadap tarif ongkos yang harus dibayar. Sedangkan peran Dinas Perhubungan terhadap penyedia jasa kapal penyeberangan tidak atau belum terlaksana secara maksimal.  Oleh karena itu masuh diperlukan upaya maksimal dari pihak pelaku usaha angkytan maupun pihak pemeintah.

References

Arifin, Syamsul, dkk, 2014, Pengantar Hukum Indonesia, Cipta Pustaka Media, Bandung.

Biro Pusat Statistik Kabupaten Samosr, 2021, Kabupaten Samosir Dalam Angka,

Butarbutar, Elisabeth Nurhaini, 2018, Metode Penelitian Hukum, Refika Aditama, Bandung.

Kristiyanti, Celina Tri Siwi, 2009, Hukum Perlindungan Konsumen, Sinar Grafika, Jakarta.

Mahmud Peter, Marjuki, 2014 Penelitan Hukum, Cetakan Ke – 9, Prenada Media Group, Jakarta.

Miru, Ahmad dan Sutarman Yodo, 2011, Hukum Perlindungan Konsumen, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Purwosutjipto, H.M.N, 2003, Pengertian Pokok Hukum Dagang Indonesia 3 Hukum Pengangkutan, Djambatan, Jakarta.

Sidabalok, Janus, 2020, Hukum Perdagangan (Perdagangan Nasional dan Perdagangan Internasional), Medan, Yayasan Kita Menulis.

Sidabalok, Janus, 2022, Hukum Perlindungan Konsumen di Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Sidabalok, Janus, Kosman Samosir, Christopher Lumban Gaol, 2023, Hukum Kontrak dan Perancangan Kontrak, Medan: Yayasan Kita Menulis.

Soekanto, Soerjono, 2009, Pengantar Penelitian Hukum, Cetakan Ke-8, Universitas Indonesia, Jakarta.

Widagdo, Setiawan, 2012, Kamus Hukum, PT. Prestasi Pustaka, Jakarta.Shidarta, 2006, Hukum Perlindungan Konsumen Indonesia, edisi Revisi 2006, Gramedia Widiasarana, Jakarta.

Zulham, 2013, Hukum Perlindungan Konsumen, Cetakan ke-1, Kharisma Putra Utama, Jakarta.

Akhmad Farul Islam, Imran Ismail, Husain Hamka, 2022, Pelayanan Publik Pt Angkutan Sungai Danau Dan Penyeberangan Indonesia, Jurnal Paradigma Administrasi Negara, Universitas Bosawa, Vol. 5, Nomor 1.

Hendriyansyah, Irma Irawati Puspaningrum, Moh.Hidayaturrahman, 2022, Kualitas Pelayanan Transportasi Wilayah Kepulauan Kabupaten Sumenep, Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wiraraja Madura, Vol. 17, Nomor 1.

Herdayana, Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Angkutan Penyeberangan di Danau Toba, https://repositori.uma.ac.id/ jspui/ bitstream/ 123456789/9320/1, diakses 16 Juni 2023.

M.Merdeka.com.,Mengungkap-penyebab-kecelakaan-kapal-sinar-bangun. https://M. Merdeka. Com, diakses 16 Juni 2023.

Nurul Aulia, 2021, Pelaksanaan Perlindungan Hukum terhadap Konsumen Pengguna Jasa Kapal Lautdi Pelabuhan Penyeberangan Kendari, Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, Vol. 1, Nomor 2.

Pardede, Ed Frans, Perlindungan Konsumen Terhadap Pengguna Transportasi Penyeberangan Danau Toba di Pelabuhan Simanindo Berdasarkan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, https://repository.uir.ac.id, diakses 4 Juli 2023

Yayuk Sugiarti, 2018, Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Angkutan Jasa Kapal Penyeberangan, Jurnal Jendela Hukum, Universitas Negeri Jambi, Vol. 5, Nomor 2.

Downloads

Published

2024-03-22

Issue

Section

Artikel