PERLINDUNGAN HUKUM KEPADA KONSUMEN AKIBAT PENYERAHAN BARANG YANG TIDAK SESUAI DENGAN SPESIFIKASI PADA PERDAGANGAN ELEKTRONIK

LEGAL PROTECTION CONSUMERS BECAUSE GOODS DELIVERED NOT CONFORM WITH THE SPECIFICATIONS ON ELECTRONIK COMMERCE (E-COMMERCE)

Authors

  • Porizky Bernandus Handara Sagala Fakultas Hukum Universitas Katolik Santo Thomas Medan
  • Janus Sidabalok Fakultas Hukum, Universitas Katolik Santo Thomas
  • Kosman Samosir Fakultas Hukum, Universitas Katolik Santo Thomas

Keywords:

ganti rugi, kerugian, ketidaksesuai barang, konsumen, upaya hukum

Abstract

Konsumen dirugikan karena menerima barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi barang harus dilindungi sesuai dengan UU Perlindungan Konsumen dan konsumen yang dirugikan dapat melakukan upaya hukum untuk mendapatkan haknya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer merupakan data yang diperoleh dari perusahaan marketplace yang menyediakan platform jual beli, dan dari konsumen yang pernah melakukan transaksi melalui marketplace. Data sekunder dalam penelitian ini adalah data dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian yang bersumber dari bahan hukum maupun dokumen yang diberikan oleh pihak-pihak terkait. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaku usaha bertanggung jawab memberi ganti rugi berupa pengembalian dana atau penukaran barang. Sebagai penyedia platform jual beli juga ikut bertanggung jawab dengan memberikan solusi dan membantu konsumen sebagai penengah dengan pihak penjual. Upaya yang dilakukan oleh konsumen yang dirugikan adalah dengan cara melakukan dokumentasi terkait barang yang diperoleh, menghubungi penjual barang,     menghubungi pihak marketplace tempatbertransaksi.

References

Adelia, Like, ”Viral Netizen Beli HP Online Harga 2,5 Juta Yang Datang Malah Batu”, https://jateng.tribunnews.com/2021/10/27/viral-netizen-beli-hp-online-harga-rp-25-juta-yang- datang-malah-batu, diakses pada tanggal 29 Mei 2023 Pukul 04.05 WIB.

Barkatullah, Abdul Halim dan Teguh Prasetyo, Bisnis E-Commerce: Studi Sistem Keamanan dan Hukum di Indonesia, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar), 2005.

Burhanuddin S, Pemikiran Hukum Perlindungan Konsumen & Sertifikasi Halal, (Malang: UIN-Maliki Press), 2011.

Sidabalok, Janus, Hukum Perdagangan (Perdagangan Nasional dan Perdagangan Internasional), (Medan: Yayasan Kita Menulis), 2020.

Sidabalok, Janus. Hukum Perlindungan Konsumen, (Bandung: Citra Aditya Bakti), 2022.

Susanto, Happy. Hak-hak Konsumen Jika Dirugikan, (Jakarta: PT. Visimedia), 2008.

Downloads

Published

2024-08-21

Issue

Section

Articles