PANDANGAN REMAJA TERHADAP IDENTITAS NASIONAL DI ERA DIGITAL DAN GLOBALISASI
Keywords:
Pandangan Remaja, Identitas nasional, Era Digital, GlobalisasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan remaja terhadap identitas nasional di tengah pengaruh budaya asing dan globalisasi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif melalui survei menggunakan Google Form berisi pilihan ganda dan pertanyaan terbuka, serta analisis literatur. Penelitian dilaksanakan pada 23 Mei 2025, melibatkan lima remaja dari Desa Lasara Siwalubanua, Kecamatan Mau, Kabupaten Nias. Hasil menunjukkan bahwa semua responden (100%) bangga menjadi warga negara Indonesia, mengenali lagu-lagu nasional, dan simbol negara. Meski demikian seluruh responden aktif menggunakan media sosial, dan 50% diantaranya lebih menyukai konten luar negeri. Sebanyak, 83,3% menyadari bahwa budaya asing dapat menggeser budaya Indonesia. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun rasa nasionalisme masih kuat, globalisasi tetap menjadi tantangan dalam menjaga identitas nasional. Oleh karena itu, langkah selektif dalam menyaring budaya asing dan penanaman nilai nasionalisme sejak dini.References
Alfiana, H. N., & Najicha, F. U. (2022). “Krisis identitas nasional sebagai tantangan generasi muda di era globalisasi.” Jurnal Pendidikan, 9(1).
Andriyani, J. (2020). “Peran lingkungan keluarga dalam mengatasi kenakalan remaja.” At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 86-98.
Antari, L. P. S. (2019). “Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional Indonesia.” Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(1), 92-108.
Artisna, P., Naswa, F., & Rohmah, M. (2022). “Respon generasi milenial Indonesia di tengah masuknya budaya asing.” In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS) (Vol. 1, pp. 695-705).
Desmirasari, R., & Oktavia, Y. (2022). “Pentingnya bahasa Indonesia di perguruan tinggi.” Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 2(1), 114-119.
Faiz, A., & Soleh, B. (2020). “Evaluasi Penguatan Pendidikan Karakter melalui Program Pembiasaan Menyanyikan Lagu-lagu Kebangsaan.” Jurnal Education and Development, 8(3), 176-181.
Fazli, M., Karneli, Y., & Handayani, P. G. (2025). “Evaluasi Kebudayaan Kerinci Dalam Gempuran Modernisasi.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12).
Figo Fadilah, A., & Rachmadeputra, R. (2021). “RASA BANGGA MENJADI MASYARAKAT INDONESIA DI KALANGAN MAHASISWA/I INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG.” Jurnal Institut Teknologi Bandung. 1-5.
Fitriani, Y. (2021). “Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital”. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 5(4), 1006-1013.
Hafizah, N. (2023). “Pengaruh globalisasi terhadap kebudayaan bangsa Indonesia.” Journal of Creative Student Research, 1(1), 37-41.
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). “Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasiona.” Jurnal ilmiah Profesi pendidikan, 8(3), 1337-1346.
Herawati, A., Sinta, P. D., Marati, S. N., & Sari, H. P. (2025). “Peran pendidikan Islam dalam membangun karakter generasi muda di tengah arus globalisasi.” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 370-380.
Hermawan, F., Detra, A. E., & Eldrian, A. F. (2022). “Pengaruh media digital sebagai sarana promosi dan transaksi bagi pelaku UMKM makanan dan minuman di masa pandemi Covid-19.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 6(2), 493-505.
Irmania, E. (2021). “Upaya mengatasi pengaruh negatif budaya asing terhadap generasi muda di Indonesia.” Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 23(1), 148-160.
Kurniawaty, J. B., & Widayatmo, S. (2024). “Nasionalisme di era digital: Tantangan dan peluang bagi generasi z indonesia.” JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan, 3(2), 42-50.
Mutaqu, J. M., Dini, D. A. S., & Yuniarsih, Y. (2022). “PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP IDENTITAS NASIONAL.
Nauvalia, N., & Setiawan, I. (2022). “Peran media “Tik Tok” dalam memperkenalkan budaya bahasa Indonesia.” Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 6(1), 126-138.
Novitasari, S., Najicha, F. U., & Hukum, F. H. I. (2023). “Pentingnya peran Pancasila bagi generasi muda dalam menghadapi globalisasi.” no. June, 1-11.
Nurhasanah, L., Siburian, B. P., & Fitriana, J. A. (2021). “Pengaruh globalisasi terhadap minat generasi muda dalam melestarikan kesenian tradisional indonesia.” Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31-39.
Nurussofiah, F. F., Karimah, U., Khodijah, S., & Hidayah, U. (2022). “Penerapan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Online Di Era Globalisasi.” DEVELOPMENT: Journal of Community Engagement, 1(2), 127-143.
Pasha, S., Perdana, M. R., Nathania, K., & Khairunnisa, D. (2021). “Upaya mengatasi krisis identitas nasional generasi z di masa pandemi.” Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 651-659.
Peldi, S. (2024). “Penggunaan Media Sosial Sebagai Representase Gaya Hidup Mahasiswa.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(2), 78-83.
Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). “Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810-815.
Puspita, N. A., Setiawan, D., & Salsabila, P. A. N. (2025). “PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PANCASILA PADA MATERIMENGENAL LAMBANG NEGARA GARUDA PANCASILA UNTUK SISWAKELAS III SEKOLAH DASAR.” Sindoro: Cendikia Pendidikan, 15(2), 151-160.
Putra, W. S. H., & Kurniawan, I. G. A. (2023). “Konstruksi Hukum Hak Cipta Bagi Lagu Nasional.” Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 12(1), 1-17.
Radeisyah, A. D., Nirmala, N., & Putri, B. A. E. (2024). “Identitas Nasional Sebagai Fondasi Pembangunan Karakter Bangsa Di Tengah Tantangan Multikulturalisme Indonesia.” JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 2(1), 82-95.
Radhiyah, I. (2021). “Mempertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia dengan Sikap Berbahasa.” Cross-border, 4(2), 591-605.
Rohmah, E. I. (2023). “Pasal Penghinaan Presiden dalam Bingkai Negara Demokrasi.” Al-Jinayah: Jurnal Hukum Pidana Islam, 9(1), 28-56.
Septiana, N. Z. (2021). “Dampak peggunaan media sosial terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan sosial remaja dimasa pandemi covid-19.” Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 1-13.
Siregar, A., Yanti, D. D., Sipayung, D. V., Adani, M. I., Rianti, N. P., & Purnamasari, I. (2024). “Pengaruh Globalisasi terhadap Identitas Budaya Lokal.” Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 4142-4151.
Soalihin, S., & Ibrahim, I. (2024, June). “PERANAN MAHASISWA PENDATANG DALAM MENJAGA BUDAYA LOKAL DI DI LINGKUNGAN PAGESANGAN.” In SEMINAR NASIONAL LPPM UMMAT (Vol. 3, pp. 974-984).
Sundawa, D., & Kurniati, P. (2022). “Memperkuat Karakter Nasionalisme Warga Negara Muda dengan Pendekatan Ajaran Trihayu”. P2M STKIP Siliwangi, 9(1), 25-32.
Trisofirin, M., Mahardani, A. J., Cahyono, H., & Wiratmoko, B. R. (2023). “Pandangan Nasionalisme dari Anak Pekerja Migran Indonesia Non Dokumen di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia.” Mimbar PGSD Undiksha, 11(1), 64-70.
Vatin, N. D., & Sartana, S. (2023). “Apa yang Menjadikan Remaja Indonesia Bangga Terhadap Bangsanya?”. Jurnal Ilmu Perilaku, 7(1), 1-23.
Wilyanti, L. S., Larlen, L., & Suryani, I. (2021). “Pengembangan e-Book mata kuliah drama sebagai media pembelajaran mandiri di masa pandemi.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 156-162.
Zarinah, Z., Asyifa, R., & Nelwati, S. (2024). “Urgensi Penguatan Identitas Nasional Dalam Menghadapi Society 5.0 Di Era Globalisasi.” PUSTAKA: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 4(3), 274-284.
Zulfa, A., & Najicha, F. U. (2022). “Urgensi Penguatan Identitas Nasional dalam Menghadapi Society 5.0 di Era Globalisasi.” Jurnal Kalacakra, 3(2), 65-71.