PENGARUH AKSESIBILITAS DAN DAYA TARIK TERHADAP LOYALITAS WISATA DENGAN AMENITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DESTINASI WISATA TUK-TUK SIADONG KABUPATEN SAMOSIR

Authors

  • Pantas H. Silaban Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen
  • Andri D. K. Silalahi Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen
  • Edgar Octoyuda Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen
  • Desi Sinaga Pascasarjana Universitas HKBP Nommensen

Keywords:

Akesiblitas, daya tarik wisata, amenitas, loyalitas wisatawan

Abstract

This research aims to analyze the influence of accessibility and destination attraction on tourist loyalty mediated by the destination amenity. The research methodology uses the Structural Equation Modelling (SEM) to analyze the quantitative data were collected accidentally from the respondents in the destination. The sample method uses purposive random sampling with number of sample are 240 respondents. The respondents should meet the following criteria (1) who visit the destination at least 2 times or more, (2) who visit the destination at least in 2018. The results shows that (1) accessibility insignificantly influence the destination amenity, (2) destination attraction significantly influence the destination amenity, (3) accessibility insignificantly influence the tourists loyalty, (4) destination attractions insignificantly influence the tourists loyalty, (5) destination amenity insignificantly influence the tourists loyalty, (6) the destination amenity insignificantly mediated accessibility on tourists loyalty and (7) destination amenity insignificantly mediated the destination attraction on tourists loyalty

Downloads

Download data is not yet available.

References

Utama, I Gusti Bagus Rai. 2017. Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: ANDI OFFSET.

Nasution, Laila Wahida Rahma. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Kota Berastagiâ€.Skripsi, Medan: Universitas Sumatera Utara, Tahun 2018.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung, 2014.

Stevianus. 2014. Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas Pengaruh Atraksi Wisata, Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 19 (3). Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.

Judisseno, Rimsky K. 2015. Aktivitas dan Kompleksitas Kepariwisataan. Jakarta: PT Gramedi Pustaka Utama.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran, Edisi 12e..Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lamidi dan Marjam D. R. 2013. Pengaruh Citra Objek Wisata Umbul Tlatar Boyolali terhadap Loyalitas Pengunjung dengan Kepuasan sebagaiVariabel Mediasi. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 13 (1): 58-68. Fakultas Ekonomi, Universitas Slamet Riyadi Surakarta

Hermawan, H. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan serta Dampaknya terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Media Wisata. 15 (1). Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Internasional Bandung

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Silaban, P. H., Silalahi, A. D. K., Octoyuda, E., & Sinaga, D. (2020). PENGARUH AKSESIBILITAS DAN DAYA TARIK TERHADAP LOYALITAS WISATA DENGAN AMENITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA DESTINASI WISATA TUK-TUK SIADONG KABUPATEN SAMOSIR. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 241–246. Retrieved from https://ejournal.ust.ac.id/index.php/JIMB_ekonomi/article/view/1016

Issue

Section

Artikel